Barcelona 2 – 1 Arsenal

yah. begitulah. akhirnya, liga champions musim ini berakhir.

dalam final liga champions yang digelar dini hari tadi waktu indonesia, akhirnya FC Barcelona berhasil kembali menjadi juara liga champions setelah 14 tahun berselang. sempat tertinggal 0-1 oleh Arsenal yang hanya bermain dengan 10 pemain sejak menit ke 18, Barcelona akhirnya mampu mengatasi ketinggalan dan membalikkan keadaan.

sayang juga, sebenarnya. di-kartumerah-kannya Jens Lehmann, penjaga gawang Arsenal, mengakibatkan pertandingan menjadi cenderung berat sebelah. meskipun demikian, usaha the gunners hingga berhasil mencetak gol pada menit ke 37 dan memimpin sampai menit ke 76 dengan hanya 10 pemain, sangat layak dihargai. walaupun akhirnya kalah, (dan gw sebenarnya adalah juga fans-nya Barcelona, meskipun gw mendukung Arsenal), tapi permainan Arsenal semalam sangat layak dipuji. mampu menekan balik bahkan setelah penjaga gawangnya dikeluarkan, the gunners mampu menunjukkan permainan yang baik.

seandainya kartu merah yang ‘kontroversial’ tersebut tidak terjadi, kemungkinan pertandingan semalam akan berlangsung lebih seru lagi. penggantian Robert Pires untuk menggantikan posisi penjaga gawang yang kosong akhirnya memgakibatkan berkurangnya daya dobrak Arsenal. meskipun demikian, Barcelona juga bermain baik, walaupun sempat frustrasi karena tidak berhasil melewati pertahanan Arsenal sampai 15 menit terakhir.

penguasaan bola lebih banyak dilakukan oleh Barcelona, demikian juga dengan tembakan terarah ke gawang lawan. meskipun demikian, tercatat setidaknya dua kali Thierry Henry dan Frederik Ljungberg membuat peluang yang baik. sebaliknya, berkali-kali Ronaldinho, Samuel Eto’o, dan pemain-pemain el barca yang lain membuat peluang yang berbahaya ke gawang the gunners. meskipun demikian, kebanyakan berhasil digagalkan dengan baik oleh penjaga gawang Arsenal, Manuel Almunia sampai 75 menit pertandingan.

akhirnya, gol dari Samuel Eto’o di menit ke 76 mengakibatkan kedudukan seri 1-1, setelah kerjasama yang manis dengan Henrik Larsson. setelah itu, pertahanan Arsenal tampak agak kehilangan fokus, dan mengakibatkan terjadinya gol terakhir yang dicetak oleh Julio Beletti pada menit ke 81. nice play dari Barcelona. kedudukan 2-1 sampai akhir pertandingan.

Barcelona kembali juara liga champions setelah 14 tahun. gw senang. tapi gw berharap bisa melihat the gunners menjadi juara liga champions dalam waktu dekat.

Leave a Reply