spending a day off

kemarin, gw menghabiskan waktu dengan jalan-jalan ke toko buku. sebenarnya nggak ada yang istimewa amat, karena disebabkan oleh sesuatu hal (baca: alasan finansial =P ) nggak ada sebuah pun buku yang gw beli. tapi setidaknya, ada beberapa buku yang bisa gw pinjam… (yah, hidup mahasiswa =) ). lengkapnya sebagai berikut.

gw sedang jalan-jalan ke salah satu toko buku di jakarta, yang katanya cukup lengkap. dan biasa, kalau gw jalan-jalan ke toko buku, gw akan lebih sering membolak-balik cover buku (untuk melihat sinopsis atau ringkasan bahasannya) daripada memutuskan untuk membeli. dan sebenarnya sih, ada beberapa buku yang ingin sekali gw baca (berhubung bahasannya menurut gw menarik, dan beberapa yang lain memang juga menarik minat gw), tapi lagi-lagi karena suatu alasan (baca: alasan finansial -lagi- =P ) gw berakhir dengan keadaan ‘belum bisa memiliki buku tersebut’.

OK. jadi ada beberapa buku yang gw lihat.

komik. nggak terlalu tertarik, soalnya nggak ada komik baru yang sedang gw baca saat ini. ada beberapa komik shoujo (nggak doyan, tapi kalau ada dibaca juga), komik shounen (gw suka baca dan pinjam punya orang), dan komik amerika (wolverine? justice league? the avengers? ada…). semua dari kategori yang cukup sering gw baca dan amati. tapi sayangnya, nggak ada yang benar-benar menarik minat gw.

novel. Da Vinci Code dengan desain sampul baru pasca produksi film layar lebarnya. nggak tertarik, sudah pernah baca. lagipula menurut gw agak mengecewakan… (ini subjektif sih). Chronicles of Narnia. hm. kayaknya seru. tapi terlalu fantasi. nggak doyan. Eldest (sekuelnya Eragon) sempat gw lirik. yah, mungkin kapan-kapan. beberapa chicklit. salah satunya bercerita tentang seorang cewek tomboy dan cowok sok-cool tapi sengak… langsung lewat tanpa gw baca lebih lanjut. hm. nggak ada yang menarik minat. Digital Fortress-nya Dan Brown sempat gw lirik, tapi seorang rekan gw menyatakan bahwa dia ‘tidak merekomendasikan judul tersebut’. yah. sudahlah.

psikologi. Why Men Don’t Listen and Why Women Can’t Read Map (semoga gw nggak salah ingat judulnya) menurut gw cukup menarik. bolak-balik halamannya sebentar, dan gw mendapat beberapa pengetahuan gratis mengenai psikologi cowok dan psikologi cewek. lumayan bagus, sepertinya. gw berencana meminjam kalau ada yang punya. mungkin juga beli sendiri kalau sudah punya cukup uang (sekarang sih belum =( ). ada lagi. sebuah buku berjudul Blink. intinya membahas mengenai bagaimana pikiran manusia memproses informasi ketika diekspos kepada sesuatu yang ‘baru’ pada detik-detik pertama. sebenarnya yang ini menarik minat gw. gw nggak beli, tapi ternyata sudah dibelikan sama orang lain.. *thank you very much…* =)

sejarah. ada sebuah buku yang membahas mengenai bagaimana ‘demokrasi melahirkan kediktatoran’. sayangnya, gw lupa judul persisnya apa. membahas contoh-contoh seperti Hitler, Napoleon, dan Soekarno. cukup menarik. gw sempat baca-baca sebentar. tapi nggak jadi beli juga, sih. ada lagi buku yang membahas mengenai kejahatan perang. sayangnya, gw juga nggak ingat judul lengkapnya. kalau nggak salah ‘20 orang … (lupa lanjutannya)’ atau seperti itulah. membahas bagaimana pertentangan ideologi harus dibayar dengan nyawa ribuan prajurit, dan lebih parah lagi: puluhan ribu nyawa warga sipil. sempat buka-buka sebentar. contoh tokoh-tokoh yang ada di antaranya Mussolini, Hitler, dan Milosevic.

terakhir. literatur. ini bagian kesukaan gw. biasanya gw tertarik dengan bahasan yang berkaitan dengan sejarah, atau kajian lintas agama yang berhubungan dengan sejarah, dari sisi akademisi. untuk yang terakhir ini contohnya misalnya A History of God-nya Karen Armstrong (diterjemahkan dalam bahasa Indonesia: Sejarah Tuhan). beliau ini adalah salah seorang penulis yang memfokuskan bahasannya kepada pembahasan mengenai agama Judeo-Christian: Islam, Kristen, dan Yahudi. salah satu kelebihannya adalah akurasi dan keberimbangan dalam menulis mengenai ketiga agama tersebut, dalam tulisan yang mudah dimengerti.

ada buku Battle for Gods tulisan Karen Armstrong (diterjemahkan: Berperang Demi Tuhan) yang mengingatkan gw bahwa gw dari dulu ingin sekali membacanya secara lengkap (tapi karena kesibukan, jadi… tahu sendiri-lah =P ). yah, sudahlah. mungkin gw akan pinjam dari salah seorang rekan gw. atau, ada yang mau meminjamkan kepada gw? gw bersedia menerima pinjaman dengan tangan terbuka… dan janji untuk mengembalikan buku tersebut dalam keadaan utuh seutuh-utuhnya =).

ada lagi sebuah buku berjudul The Crusade; Islamic Perspective tulisan Carole Hillenbrand (diterjemahkan: Perang Salib: Sudut Pandang Islam). beliau ini adalah salah seorang guru besar dan sejarawan dari University of Edinburgh. menurut gw hal ini cukup menarik mengingat selama ini pembahasan mengenai Perang Salib selalu (atau sangat banyak) didasarkan pada perspektif Barat (atau baca: Eropa). silakan lihat literatur yang banyak beredar saat ini kalau nggak percaya. dan akhirnya, (bagusnya) buku tersebut dibeli oleh seseorang yang dengan senang hati bersedia meminjamkannya kepada gw… *terimakasih banyak juga* (hidup mahasiswa! =P)

begitulah. akhirnya, gw nggak beli apa-apa. tapi setidaknya, gw melihat ada beberapa buku yang akan jadi ‘incaran’ gw untuk kunjungan berikutnya… dan meminjam ke beberapa orang tentunya. setidaknya, sesuatu tidak sia-sia.

2 Comments

  1. May 29, 2006 at 11:43 pm - link to this comment

    Hmm.. Tolong carikan buku Seeing Islam as Others Saw it: A survey and analysis of the Christian, Jewish and Zoroastrian writings on Islam karangan Robert Hoyland terbitan Darwin dari Kota Princeton.

    Perlu kuingatkan, buku ini mungkin kontroversial karena konon menampilkan sejarah Islam dengan versi yang sangat berbeda dengan sejarah resmi yang justru membuatku sangat tertarik.

    Ente 2004?
    kode ane 1202800113, login nwap20..
    atau kalau penasaran, langsung saja googling nama ane, kunderemp

    Syukran.

  2. yud1
    May 30, 2006 at 11:21 am - link to this comment

    buku impor? cari di mana?

    kalau ‘cari’ mungkin nggak masalah… kalau ‘beli’? wah, nanti dulu… =P
    mungkin nanti. mau coba cari informasi dulu..

    thanks anyway =)