suzuka

Suzuka adalah salah satu judul manga yang menurut gw ‘cukup menarik’… tapi sayangnya, gw baru tahu belakangan bahwa ternyata ada beberapa (banyak?) orang rekan yang ternyata juga cukup tertarik mengikuti perkembangan manga yang satu ini.

jadi begini. ceritanya, dulu gw nggak tahu bahwa ada manga yang (menurut gw) bagus berjudul Suzuka. belakangan, gw menemukan bahwa serial ini ternyata merupakan salah satu scanslations project yang cukup menarik… namun meskipun demikian, tampaknya sejauh ini serial ini belum di-license di tanah air.

belakangan, gw baru tahu bahwa ternyata beberapa orang berpendapat bahwa serial ini cukup menarik, jadi… yah, ternyata bukan selera gw yang aneh. sebenarnya sih, tanpa dibilang begitu juga gw sudah tahu bahwa selera gw itu bagus… *alah*

OK, cukup basa-basinya.

Akitsuki Yamato adalah seorang anak SMU yang baru pindah ke Tokyo dari pinggiran Hiroshima. di Tokyo, dia tinggal di tempat bibinya, yang juga merangkap apartemen dan pemandian umum. tetangga sebelah kamarnya adalah Asahina Suzuka, seorang cewek high-jumper (lompat tinggi, atletik) yang bergabung di klub atletik di sekolah yang sama dengan Yamato.

belakangan, Yamato yang juga seorang sprinter memutuskan untuk bergabung ke klub track-and-field (mungkin lebih tepat kalau disebut ‘klub atletik’, yah =P ) di sekolahnya. tidak ada masalah, kecuali satu hal: anak ini jatuh cinta pada pandangan pertama kepada Suzuka, sejak pertama kali melihatnya ketika baru datang ke Tokyo…

Suzuka adalah manga dengan genre sports, romance, dan school-life yang bisa dibilang menggunakan pendekatan yang cukup ‘realistis’. jadi tidak seperti Ichigo 100% atau Love Hina, yang kadang (menurut gw) agak terlalu jauh dari kenyataan, storyline-nya tidak aneh-aneh, namun meskipun demikian serial ini tetap tidak kehilangan greget dari sisi storyline.

yang jelas, kalau anda mencari serial romance dengan pendekatan yang ‘tidak aneh-aneh’, Suzuka bisa jadi pilihan yang cukup baik. tidak ada cara PDKT yang ‘ajaib’, tidak ada serombongan cewek yang menggoda tokoh utama (memangnya Love Hina? =P ), dan apapun yang tidak masuk akal.

bisa dikatakan bahwa pendekatan yang dipakai mirip Salad Days, hanya saja cerita yang ditampilkan lebih berfokus kepada pasangan Yamato-Suzuka, ditambah nuansa sports yang ditampilkan. kegiatan klub, pertandingan, termasuk interhigh mendapat porsi yang lumayan besar dalam serial ini.

manga ini ditulis oleh Kouji Seo, yang karyanya dapat dinikmati oleh pecinta manga di tanah air melalui serial CROSS+OVER yang diterbitkan di majalah-komik Shonen Magz. gaya yang digunakan tidak jauh berbeda, meskipun dari segi tema ada perbedaan bahwa Suzuka lebih fokus ke romance, sedangkan CROSS+OVER lebih fokus ke sports.

penggambaran karakter lumayan bagus, dengan proporsi yang juga cukup baik. yah, kalau anda memperhatikan serial CROSS+OVER, gaya gambarnya kira-kira seperti itu. (iyalah, yang bikin kan sama =P )

desain karakternya cukup bagus, walaupun tidak terlalu istimewa. Yamato digambarkan sebagai seorang cowok yang kadang agak ragu-ragu, walaupun belakangan terlihat lebih decisive. bagus sih begitu. desain dari karakter Suzuka digambarkan sebagai seorang cewek yang perfeksionis dan kadang-kadang dingin… meskipun sebenarnya dia ini kadang-kadang melankolis juga. beberapa karakter lain didesain dengan cukup rapi.

apa lagi yah? penggambaran konflik cukup baik, demikian juga character development. ada beberapa adegan yang menurut gw sangat memorable (gw tadinya mau nulis, tapi nanti jadi spoiler… nggak jadi deh =) ), digambarkan dengan bahkan lebih baik dibandingkan versi anime-nya.

oh. iya. Suzuka juga dibuat versi anime-nya, hanya saja anime-nya cuma meng-cover sampai chapter 72. manga-nya sendiri masih berlanjut setelah itu (sampai saat ini sudah chapter 104), dan masih running di negara asalnya, diterbitkan di majalah-komik Shonen Magazine.

akhirnya, Suzuka adalah manga yang cukup menarik… tapi hal ini tergantung selera, sih. kalau anda lebih suka serial seperti Ichigo 100% atau Love Hina atau sejenisnya, mungkin anda tidak akan tertarik dengan Suzuka. meskipun demikian, untuk anda penggemar Salad Days dan lebih menyukai pendekatan yang realistis dalam penggambaran manga dengan genre romance, ada baiknya anda mencoba manga yang satu ini.

One Comment

  1. art
    July 12, 2014 at 7:22 pm - link to this comment

    ya saya sangat suka dengan cerita suzuka , sangat realistis .. mungkin ini menjadi salah satu cerita yg paling berkesan …

    mudah mudahan akan ada cerita seperti ini lagi …