omong-omong piala dunia

Jerman 4 – 2 Kosta Rika
Polandia 0 – 2 Ekuador
Inggris 1 – 0 Paraguay
Swedia 0 – 0 Trinidad & Tobago
Argentina 2 – 1 Pantai Gading
Belanda 1 – 0 Serbia Montenegro
Meksiko 3 – 1 Iran
Portugal 1 – 0 Angola

.

.

..ah senangnya…. =)

sebenarnya permainan tim Oranye cukup baik, tapi sayangnya winger Arjen Robben agak terlalu banyak main sendiri… tapi overall, permainan Belanda kemarin menurut gw cukup menyenangkan untuk dilihat. tidak seperti sewaktu pembukaan Euro 2000.. (waktu itu mainnya jelek) atau di partai-partai awal Euro 2004. akhirnya, Robben jadi man of the match.

___

piala dunia juga berarti ajang pamer apparel kit. ada beberapa tim yang kit-nya menurut gw keren. tim-tim yang sponsor kit-nya Adidas (misalnya Jerman, Prancis, dll) kit-nya keren-keren. seorang rekan gw malah mengatakan bahwa kit-nya Prancis keren mampus. hiperbola? mungkin… tapi memang menurut gw lumayan keren, sih. tapi gw paling suka kit-nya Inggris yang disponsori Umbro. model Red Cross di bahu-nya itu… keren.

Nike… kenapa jelek banget kit-nya untuk tahun ini? terutama di desain kit untuk tim nasional Belanda dan Portugal. Portugal agak mendingan, tapi Belanda itu… ampun, deh. jauh lebih baik desainnya sewaktu Prancis 98 atau Belanda-Belgia 2000. kenapa juga jadi begitu? -_-‘

___

setelah melihat beberapa pertandingan awal piala dunia, ada beberapa tim yang menurut gw bisa diperkirakan peluangnya untuk memenangkan piala dunia tahun ini. ini berdasarkan permainan di pertandingan pertama, sih. tentu saja, tergantung permainan di pertandingan-pertandingan berikutnya, peluangnya bisa berubah. lagipula, ini cuma prediksi amatir dari orang iseng dan kurang kerjaan…. dan sangat mungkin banyak salahnya, sih.

Jerman. gaya permainannya agak berubah dibandingkan selama ini. lebih agresif dan ofensif dibandingkan staying power yang biasanya. tapi dalam pertandingan pertama menghadapi Kosta Rika, masih ada beberapa lubang di lini belakang, yang mengakibatkan terjadinya dua gol Kosta Rika. tapi kalau main seperti itu terus, peluang piala dunia kembali ke Jerman menurut gw cukup besar.

Belanda. total football kembali ke piala dunia. melihat permainan kemarin menghadapi Serbia-Montenegro, kalau permainan seperti itu bisa dipertahankan, peluang Belanda cukup besar untuk piala dunia. sayangnya, Robben agak terlalu banyak main sendirian di sisi kiri, mengakibatkan serangan belanda menjadi Robben-sentris. kayaknya ini jadi PR tersendiri buat skuad Marco van Basten.

Argentina. juara dunia tiga kali ini juga mencetak hasil yang bagus dengan meraih tiga angka di pertandingan pertamanya. tim Tango ini juga bermain bagus, dan membuka peluangnya untuk menjadi juara dunia keempat kalinya. salah satu favorit gw setelah total football.

Portugal. permainannya… agak mengecewakan, menurut gw. agak di luar harapan gw, finishing-nya agak kurang baik, dan pasokan dari lini tengahnya praktis hanya mengalir ke Pauleta di lini depan. walaupun meraih angka penuh di pertandingan pertama, kalau bermain seperti ini terus, Portugal akan sulit mempertahankan peluang untuk Piala Dunia. pekerjaan rumah buat pelatih Scolari.

Inggris. football comes home tampaknya belum akan jadi kenyataan sejak 1966. menang 1-0 di partai pertama berkat gol bunuh diri dari Paraguay. tidak terlalu baik dalam penyelesaian akhir. Frank Lampard, Steven Gerrard, dan David Beckham di lini tengah belum cukup untuk mencetak gol. Wayne Rooney yang belum juga pulih dari cedera tampaknya ikut menumpulkan daya serang Inggris.

Brasil. belum main, tapi tampaknya menjanjikan. Ronaldinho, Ronaldo, Adriano, dan Kaka, nggak ada yang meragukan kualitasnya. yah, kecuali Ronaldo, sih. tapi Brasil bukan cuma Ronaldo. tambahan, sebagai juara piala dunia 2002, Brasil cukup difavoritkan. tapi tetap saja gw nggak suka.. =(

___

piala dunia, berarti banyaknya pecinta sepakbola mendadak. berarti banyak juga pecinta sepakbola karena taruhan -_-‘. nggak apa-apa, sih. hanya saja, kayaknya latah amat karena ada piala dunia saja banyak orang yang tadinya sama-sekali nggak tahu sepakbola (bahkan kadang nggak tahu aturan resminya) tiba-tiba jadi pendukung fanatik tim tertentu. ada juga yang ikut-ikutan karena sekedar ‘ingin rame-rame’… yah, piala dunia memang memiliki dampak sosial tersendiri.

tapi anehnya, kayaknya fasilkom adem-ayem saja. apakah karena sudah liburan dan pulang kampung, atau memang nggak tertarik? bahkan di planet csui04 hanya ada seorang rekan gw yang bernama rado yang menulis mengenai piala dunia kali ini. rekan-rekan csui04, pada nggak suka sepakbola-kah? =)

___

jadi, piala dunia sudah dimulai. mari kita nikmati pesta sepakbola yang cuma ada empat tahun sekali ini. tapi kalau anda nggak suka dan nggak tertarik sepakbola sih jangan. atau bisa juga anda memulai ketertarikan anda terhadap sepakbola dari piala dunia kali ini (seperti halnya gw bertahun-tahun lalu), silakan menikmati suatu permainan yang paling populer di seluruh dunia, yang jumlah anggota federasi-nya bahkan lebih banyak daripada jumlah anggota PBB.

.

.

anyway, enjoy this game, like many people does.

Leave a Reply