kono namida ga aru kara…

judul entry ini… adalah bahasa jepang yang artinya kurang lebih ‘because of these tears…’. sebenarnya sih itu potongan dari judul lagu yang akan gw tulis di sini. lengkapnya sih judul lagunya itu ‘kono namida ga aru kara tsugi no ippo to naru’. judulnya panjang? memang. artinya kira-kira ‘because these tears that i shed will become another step’.

untuk anda yang mengikuti serial anime School Rumble Nigakki (aka School Rumble 2nd Term), seharusnya sudah cukup familiar dengan lagu ini, yang jadi ED theme-nya. lagunya sih (menurut gw) cukup enak, dan ternyata ada cukup banyak yang sependapat dengan gw.

nah. berhubung ada beberapa rekan yang minta bantuan untuk mencari lirik lengkapnya (bukan yang TV-version), dan juga terjemahannya, maka gw mencoba menuliskannya di sini. masalahnya, lirik lengkapnya agak susah dicari (apalagi terjemahan lengkapnya, yang bisa dibilang sangat susah dicari -atau malah nggak ada?), jadi gw coba menuliskannya di sini.

liriknya di bagian atas, dan terjemahannya di bagian bawah. yang gw tulis di sini adalah versi lengkapnya (bukan TV-size), jadi ada beberapa bagian yang tidak ada di ED theme anime-nya. untuk terjemahannya, kali ini gw mencoba menerjemahkan sendiri, jadi mohon koreksi kalau ada yang salah-salah.

…here is the lyrics.

sore ga hetakuso de
nanka kuyashii kedo
mada akiramenai, ne

bonyari to shiteru
yume mo sono uchi ni
kiri ga hareta you ni shite miseru
kono ippo susumu made
tsugi no ippo made
jikkuri, yuku kara
mae ni susumu kara
jibun no PACE de

chiisana heya demo
yabou ga tsumatteru
ichi ichi iwanai ga
sorezore no jidai
sorezore no jinsei
dakedo tsunagatteru ningen mo yo

kono namida ga aru kara
tsugi no ippo to naru
hakkiri, wakaru yo
mae ni susunderutte
kagayaki no moto e

kono namida ga aru kara
tsugi no ippo to naru
hakkiri, wakaru yo
mae ni susunderutte
kagayaki no moto e

-Tokitou Ami-
-Kono Namida ga Aru kara Tsugi no Ippo to Naru-

…and the translations

it’s because i was clumsy
somehow, i have some regrets
but i’m not giving up yet

but i know that this haziness
within all these dreams
will clear like a lifting fog

until i take this step forward
and another step afterwards,
i will go on, carefully
i will keep going forward
at my own pace

it was a small room
where ambitions were stuck
one by one, they left unsaid
on each era,
on each life
but that’s what connected everyone back then

because these tears that i shed
will become another step
i will know, certainly
that i’m going forward
towards the shining light

because these tears that i shed
will become another step
i will know, certainly
that i’m going forward
towards the shining light…

-Tokitou Ami-
-Kono Namida ga Aru kara Tsugi no Ippo to Naru-

 

 

___

dedicated to: those who seek the lyrics + translations
message: go check it =)

15 thoughts on “kono namida ga aru kara…”

  1. Hi,

    Thanks bgt yah lirik lagunya. Gw nyariin kemana-mana. Meskipun gw nggak tau sih translationnya bener apa ngga. Main di GI ngga? Abisnya kalo nggak salah Shin X atau Genjurou gt gw lupa, nama aslinya kan Yudi… ^^ kirim e-mail yah…

    Reply
  2. hmm… kayaknya salah orang, tuh.

    gw bukan aktivis forum online dan sebagainya, kok. gw hanyalah seseorang yang kebetulan suka menulis hal kayak beginian… =)

    anyway, thanks for the comment.

    Reply
  3. hey… salam kenal yah. btw, gue telat banget nih. gue baru aja kemaren habisin langsung sehari tuh 11 episode. Haha, padahal besoknya (hari ini) gue ada ujian yang super duper gelo.

    Sumpeh, gue juga sebenernya benci film culun (dulu menurut gue) yang kayak gini. hehe.. film ini di rekomen sama temen cowok gue (dan gue berpikir, ‘haa?! dia kan cowok, kok recommend gue film mellow begini? enggak banget deh.) tapi, hanya untuk menghargai temen gue itu, yang udah nanya-nanya, “gimana filmnya? bagus kan?”, tapi gue selalu jawab belum. Akhirnya gue tonton juga. Untuk episode awal gue selalu cepetin, coz gue gak terlalu suka film Japan, or korea dll (gue pecinta hollywood, hehe). Tapi after episode 2 1/2 dst, gak gue cepetin sama sekali. Air mata gue mulai berjatuhan, dan gue masih jaim (coz nonton bareng temen2), tapi akhirnya tuh box tissue, gue pindahin ke pangkuan gue, apalagi di episode 7,8… anjriiit!!!! what a life to go on!!!!
    dia lebih muda dari gue dan harus menghadapi kehidupan yang tragis kayak gitu. Gue ngeliat diri gue sendiri. Kalau gue dapet penyakit itu pas gue SMA, dan gue menjalaninya, gue gak bakal setegar itu.

    She’s ordinary girl,
    she cries a lot like other girls,
    she has best friends,
    she has someone that she loves,
    she has FAMILY that stand for her always… (itu yang paling penting)…

    (gue rada kecewa dengan plot cerita cintanya, hehe.. tapi, it’s okay lah yah, coz it’s all about menghidupi kehidupan ini apapun keadaannya).

    Reply
  4. :: Sheila

    eh… apa nggak salah comment, nih? kayaknya kok nyambungnya ke Ichi Rittoru no Namida, yah? topiknya kan soal ED-nya School Rumble Nigakki… =)

    …perlu dipindahkan-kah?

    Reply
  5. wokwkowokwok Thx yud !!! nih lagu susah bener nyarinya , gara2 ade gwa neh pecinta berat anime wa jadi ketularan da huehueheuheu….

    Reply
  6. hwaaaa yud! ada lyric2nya yg laen ga?? yg ending ke 2 itu mayan enak,, ga slow2 banget.. ama Feel like a girl, yg pas lagi survival battle.. gw lagi nyari itu ga ada dmn2 pusing jg..
    oy ada yg pny film ini full lngkp ga ampe ep26? klo ada kasi tau gw donk. thx yo!

    Reply
  7. oy skalian ama lyricnya yg feel my feeling donk yg dari school rumble 1 pas eps 8.. yg nyanyiny si yui horie. does anybody know? apa linkny aj ad yg tau? thx yo

    Reply
  8. :: luna_croz

    ada sih, tapi belum ada rencana upload lagi. dipertimbangkan, deh. feel my feeling? tau dong 🙂

    kapan-kapan mungkin di-upload, tapi lihat keadaan juga, sih.

    anyway, terima kasih sudah main-main 🙂

    Reply
  9. da dapet ne hehe. dari gendou.com mayan bnyk dikasi donlod lagu gratis skalian dikasi liricnya jg hehe.. thx anyway,,

    Reply
  10. kalo lo semua tau web tentang lagu jepang berserta cara penulisannya kasih tau gw ya……………………………………………………………………………………………………muah

    Reply

Leave a Reply