hal yang gampang-gampang susah

“…for what reason do you live?”

___

satu pertanyaan sederhana. tapi jawabannya gampang-gampang susah.

untuk alasan apa gw hidup, dan berada di dunia ini?

kadang, sampai sekarangpun gw masih bingung mau menjawab apa kalau ditanya hal seperti ini. tentu saja, rekan-rekan di sekitar gw mungkin punya berbagai jawaban yang ‘bagus dan sesuai dengan hati nurani mereka’. tapi gw bertanya-tanya juga, sih. apa sebenarnya yang gw perjuangkan dalam hidup ini?

tentu saja, ada cara yang gampang dalam menjawabnya. siapa yang peduli? yang penting gw sekarang ini hidup, dan gw hanya akan menjalaninya. itu jawaban yang gampang. dan bagus. dan masalah pun selesai.

tapi gw merasa, jawaban seperti itu bukan untuk gw. maksud gw, gw tidak ingin berakhir seperti itu saja. gw tidak ingin lahir, hidup, melakukan beberapa hal, lalu mati, dan selesai. gw ingin ada alasan di balik segala sesuatu yang gw perjuangkan dalam kehidupan gw yang singkat ini.

misalnya begini. sekarang ini gw adalah mahasiswa. mungkin saat ini, gw punya tujuan jangka pendek. mendapatkan IP bagus, lulus tepat waktu, dan sebagainya. lalu apa? setelah itu, mungkin akan ada tujuan-tujuan jangka pendek yang lain. misalnya kerja dan mengembangkan karier. dan seterusnya.

tapi itu semua semu, kan?

maksud gw, semua tujuan itu semu. coba kita pikirkan.

ketika kita lahir, kita sudah dipersiapkan untuk menjadi manusia dewasa. kita mungkin diajarkan oleh orangtua. kita mungkin mengenyam pendidikan di sekolah. kita mungkin memasuki dunia kuliah. kemudian mungkin lulus dan bekerja. kemudian mungkin menikah dan berkeluarga. kemudian memiliki keturunan, dan mengulangi proses yang sama terhadap keturunan kita.

gw tidak ingin seperti itu. gw tidak ingin cuma lahir – tumbuh – sekolah – kuliah – kerja – menikah – tua – mati. gw tidak ingin cuma sekadar ‘menjalani hidup’, tanpa memiliki suatu makna di balik kehadiran gw di dunia ini.

tentu saja, dengan keadaan seperti itu, secara jujur gw bingung ketika dihadapkan dengan sebuah pertanyaan: ‘kenapa… manusia harus terus hidup?’. iyalah. apa yang ingin gw perjuangkan? ketika tidak ada suatu alasan untuk hidup, apa gunanya manusia hidup?

entahlah. mungkin, saat ini, yang bisa gw katakan hanyalah bahwa gw (sampai saatnya nanti gw menemukan suatu alasan yang tepat) tidak ingin terlalu pusing dengan hal tersebut. yang jelas, gw menjalani hidup ini dan menikmatinya. dan mungkin, dalam prosesnya, gw berharap bisa melakukan sesuatu yang baik dan berguna bagi orang-orang di sekitar gw.

mungkin… tapi setidaknya, gw berharap gw bisa melakukan hal tersebut.

mungkin sekarang gw belum bisa menemukan alasan untuk gw perjuangkan dalam kehidupan ini. mungkin sekarang gw masih berpegang kepada tujuan-tujuan yang semu. mungkin sekarang gw belum menemukan suatu alasan yang bisa dengan mantap membuat gw menjawab pertanyaan tersebut. tapi gw ingin menemukannya.

dan gw berharap, bahwa suatu saat nanti gw akan menemukannya. suatu alasan kenapa gw masih harus hidup, sebelum waktunya perjalanan gw berakhir.

…tapi sejauh ini, gw merasa bahwa hidup ini cukup menyenangkan =)

2 Comments