liburan yang tak santai

di kampus ini, tidak ada kata libur.

setiap hari di kampus ini adalah perjuangan, dengan tugas-tugas yang tampaknya tidak bosan-bosannya diberikan oleh para pengajar di kampus.

…bahkan libur satu minggu menjelang hari raya tidak berarti ‘liburan’. sesungguhnya, yang terjadi adalah mahasiswa (eh… mungkin sebenarnya gw aja, sih =P) ‘pindah kuliah ke rumah’. kenapa begitu, sebenarnya lebih karena banyaknya tugas yang diberikan untuk ‘bekal liburan hari raya’.

relatif, sih. tapi bagusnya (setidaknya menurut gw =P ), apa yang ada di liburan kali ini gw rasa masih bisa gw tangani dengan baik. tentu saja, walaupun itu berarti mungkin gw akan agak kurang tidur, karena waktu yang ada harus dibagi pula dengan berbagai kesibukan di sekitar hari raya. tahu kan, misalnya mengunjungi atau dikunjungi beberapa kerabat dan tetangga. dan berhubung keluarga gw agak ‘besar’, jadi biasanya kesempatan ini dipergunakan untuk ketemu dan silaturahmi… seperti itulah.

hmm. coba kita lihat.

ada tugas Analisis Numerik, berupa analisis masalah persamaan linear dan solusinya dengan menggunakan algoritma Cholesky untuk matriks simetris dan positive-definite. tidak usah bingung dengan tulisan saya barusan kalau anda tidak mendalami Computer Science atau matematika. hidup ini cukup menyenangkan kok tanpa matematika lanjut seperti itu.

…sebagian sudah dibantai. sebagian lagi harus selesai dalam seminggu ini. bagusnya sih ini tugas kelompok, jadi load individu-nya tidak terlalu tinggi.

ada lagi tugas Prinsip-Prinsip Sistem Informasi. menuliskan makalah dengan tema tren perkembangan teknologi informasi, dengan topik yang tidak boleh sama antar mahasiswa. jadi misalnya ada rekan gw yang membahas soal prosesor, lalu ada yang membahas soal input device, dan sebagainya, maka gw harus memilih topik yang berbeda.

…bikin makalah? enteng-lah itu. satu hari (atau mentok-mentok: dua hari) seharusnya beres. gaya penulisan akademik, berikut rujukan dan referensi, seharusnya sih tidak ada masalah.

ada juga tugas Proyek Perangkat Lunak, yang sudah memasuki tahap construction alias sudah mulai coding. kalau anda tidak mendalami Computer Science, ini adalah suatu keadaan di mana orang-orang mulai sibuk melakukan programming, setelah melalui proses perancangan desain sistem, desain database, dan sebagainya.

…dari semuanya, ini yang agak potensial makan waktu. proyeknya sih kira-kira seperti membuat CMS (= Content Management System) untuk sebuah website. untuk yang belum tahu, CMS itu kira-kira semacam engine untuk website sehingga sebuah website lebih mudah untuk diatur content-nya, tanpa perlu pengetahuan akan web programming dari penggunanya.

begitulah. liburan ini agak kurang santai, sepertinya. tapi gw berharap semoga bisa mem-‘bantai’ semuanya dalam seminggu ini. eh, salah deh. gw harus bisa mem-‘bantai’ semuanya dalam seminggu ini.

___

oh. iya. berhubung sebentar lagi hari raya, gw mengucapkan selamat idul fitri bagi yang merayakan. semoga ramadhan dan idul fitri kali ini membawa perbaikan bagi masing-masing diri kita.

dan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kesalahan-kesalahan yang pernah ada dari gw, baik disadari atau tidak disadari. demikian gw saya sudah memaafkan apa-apa yang pernah terjadi selama ini, dan semoga kita bisa sama-sama memaafkan.

selamat idul fitri bagi yang merayakan, dan semoga kita semua bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi. =)