hari itu hujan

hari itu juga hujan.

suatu saat di mana lampu-lampu tampak kabur dan kurang-jelas, sudah menyala namun langit juga tampak belum gelap benar. suatu hari di masa lalu yang jauh, dan sudah begitu lama seolah hendak kulupakan saja — dan dengan menyebalkannya datang kembali setiap kali aku berjalan di malam hari yang sedikit berhujan.

dan hari ini, setiap langkah yang ada menjadi begitu menyiksa seiring dengan titik-titik hujan yang jatuh di kepala, menyisakan rambut basah dan pandangan buram padaku — dan kenangan akan masa yang dulu itu.

lampu-lampu jalan tampak tidak bersemangat, menyinari kampus dengan ogah-ogahan: beberapa malah mati sama-sekali, menyisakan jalanan temaram dan masih dengan hujan yang menimpa kepala dan membuatku sedikit-pusing — entah karena hujan itu sendiri… atau masih ada yang lainnya, aku tidak terlalu peduli.

semua orang punya kenangan; semua orang punya masa lalu. tapi tidak ada yang bisa dilakukan dengan hal itu; dan seketika letupan emosi menggelegak, menyisakan sekat tak kasat mata yang kurasa menohok tenggorokan dan dadaku — pelan, tapi telak dan mengganggu.

hari itu juga hujan.

saat-saat pandangan terasa kabur — entah karena hujan itu sendiri… atau masih ada yang lainnya, aku tidak terlalu peduli. air mata hanya akan pergi bersama tetes hujan, lepas dari peduli yang ada… seandainya hal tersebut memang demikian adanya.

aku mencoba memandang, dan terasa buram; hujan rintik-rintik menghalangi pandangan, menyisakan kilau dan cercah cahaya di yang tak tampak jelas di ujung mata. dan pijakan con-block yang basah dan terasa sedikit-licin di trotoar yang semakin sepi setelah gelap. dan sedikit gelegak ketidaknyamanan yang seolah mencoba menyiksa perlahan-lahan.

hujan tidak bisa menghapus kenangan; dan hal itu mungkin akan sedikit baik — tidak, kurasa itu menyebalkan. dan hujan turun, mengembalikan kenangan yang seharusnya sudah terkubur lama dan tak kembali lagi.

di hari itu, hujan turun. meninggalkan kenangan layaknya paku di pintu kayu. dan pandangan buram entah oleh hujan atau yang lainnya.

hari ini, hujan turun. membuka kembali kenangan akan masa lalu yang terharap untuk tidak pernah kembali. dan pandangan buram entah oleh hujan atau yang lainnya.

One Comment