lag of update… due to course stuffs

coba perhatikan sebuah kalender yang ada di sidebar di sebelah kanan website ini. ada suatu hal yang ‘tidak biasa’ di sana.

iyaa, ada dua baris dari kalender yang nyaris kosong-melompong, yang berarti nyaris tidak ada update dalam dua minggu terakhir. hal yang tidak biasa karena biasanya gw hampir selalu meng-update content dari website ini dalam interval 2-3 kali per minggu. yah, itu dalam kesibukan yang normal. masalahnya, tampaknya hari-hari ini memang ‘agak kurang normal’, setidaknya untuk gw.

jadi begini. sebenarnya, hal ini juga bukanlah sesuatu yang akan gw lakukan dengan sukarela, mengingat gw sendiri bukannya tidak punya bahan untuk ditulis di sini (sudah ada banyak banget bahan yang mengantri di kepala gw untuk ditulis, to tell the truth =) ). tapi tampaknya, berbagai macam kesibukan memang turut mengganggu keasyikan gw untuk menulis di sini.

jadi ada hal menyebalkan khas akhir semester yang lazimnya disebut sebagai ‘ujian akhir semester’. hal yang masih wajar kalau dilaksanakan dalam cara yang biasa: dua minggu ujian untuk enam kuliah dengan bentuk ujian normal. masalahnya, untuk semester ini ujian yang ada tidak bisa dikatakan ‘normal’.

ada satu minggu ujian dengan lima kuliah yang diujikan, dan minggu berikutnya (setelah libur hari Natal pada 25 Desember) satu kuliah lagi. belum selesai, karena dari enam kuliah, hanya tiga buah yang berbentuk ujian normal alias tulis-jawaban-di-kertas. tiga lagi berupa proyek dan presentasi.

sebentar. sebelum anda pembaca bertambah bingung, mari kita perjelas dulu. gw kuliah di jurusan Computer Science, dengan 18 SKS di semester ini. dan kuliah yang ada adalah sebagai berikut.

  1. Analisis Numerik — matematika tingkat lanjut untuk penerapan di bidang Computer Science. persamaan linear dan non-linear, interpolasi, dan sebagainya. tidak usah dipedulikan kalau anda tidak mendalami Computer Science atau matematika, hidup sudah cukup menyenangkan kok tanpa itu =). 18 Desember.
  2. Prinsip-Prinsip Sistem Informasi — atau disingkat sebagai PPSI, dan lebih sering lagi disebut sebagai ‘PePSI’ oleh peserta kuliahnya. tidak ada hubungannya dengan softdrink. kuliah mengenai dasar-dasar pembangunan Computer-Based Information System. 19 Desember.
  3. Teori Bahasa dan Automata — lebih banyak membicarakan soal logika dan konsep-konsep Finite-State Machine untuk melaksanakan algoritma. kira-kira sih soal bangun-membangun konsep mesin sederhana. ujian kali ini open notes. 20 Desember.
  4. Manajemen Proyek — kuliah yang khusus mempelajari mengenai Project Management. ujian dalam bentuk presentasi Project Plan, dengan dewan penguji adalah pak dosen sebagai pengajar (yang sudah sangat berpengalaman di berbagai proyek skala besar), dan asisten-asisten yang juga sudah berpengalaman soal beginian. 21 Desember.
  5. Proyek Perangkat Lunak — kuliah dengan bentuk penyelenggaraan proyek software engineering yang bersifat real project. ujian dengan bentuk presentasi final dengan menjelaskan mengenai proses pengembangan, stakeholder atau klien-klien yang terlibat, dokumentasi dari sistem, dan sebagainya. kuliah ini terutama menyita waktu karena harus mengelola proyek betulan. 22 Desember.
  6. Sistem Interaksi — kuliah yang membahas mengenai perancangan interface, khususnya Graphical User Interface. tahu kan, kalau di sistem operasi Windows misalnya ada tombol ’start’, kalau di Mac OS ada dock, dan sebagainya soal itu. ujian akhir berupa presentasi proyek perancangan sistem interaksi. 28 Desember.

hal ini agak berbeda dengan semester sebelumnya di mana ujian yang diberikan relatif lebih santai, dua minggu ujian untuk enam mata kuliah (jadi 3 di awal, 3 di akhir) dengan bentuk ujian yang ‘normal’. sekarang, satu minggu diisi 5 ujian, dengan dua ujian berupa task yang harus dipersiapkan sebelumnya (baca: presentasi dan proyek).

dan akhirnya, masa ujian kali ini sukses membuat gw hanya sempat tidur di kos satu hari saja dalam seminggu terakhir. sisanya? gw menggelandang ke berbagai tempat… untuk mengerjakan berbagai hal sehubungan dengan ujian kali ini. dan terima kasih untuk kebaikan rekan-rekan yang bersedia menerima gelandangan ini di tempat mereka.

no pain, no gain. but not all pain is gain. masalahnya, yang manakah yang akan terjadi pada gw?

___

special thanks:

  • Albert untuk tempat yang gw singgahi menjelang UAS Anum – TBA. terima kasih sangat banyak untuk anak ini.
  • Michael untuk kesediaannya menunggu kiriman dokumen yang masih gw proofread sampai lewat jam 0100.

One Comment