fate/stay night

gw pertama kali mendengar tentang serial ini kira-kira kurang dari setahun yang lalu, saat serial ini baru mulai running di negara asalnya. running-nya sendiri berakhir pada Juni 2006 di negara asalnya, dan baru belakangan ini gw mendapatkan hasil fansub dari serial ini. meskipun demikian, serial yang mendapatkan sambutan sangat baik di negara asalnya ini memang memberikan sesuatu yang ‘tidak biasa’ dibandingkan serial lain dengan genre sejenis.

cerita dalam serial ini berfokus kepada War of Holy Grail yang berlangsung antara 7 orang Master dengan Servant masing-masing yang saling bertentangan dalam pertempuran tersebut. para Servant ini adalah heroic spirit yang di-summon oleh seorang Master, yang memiliki kekuatan khusus yang berbeda-beda antar kelasnya. para Servant ini mengabdi kepada Master masing-masing, dan berperan sebagai partner para Master dalam pertempuran tersebut.

sementara itu, Emiya Shirou adalah seorang siswa SMU yang kehilangan keluarganya dalam kebakaran besar yang melanda kota tempat tinggalnya 10 tahun yang lalu. ia kemudian tinggal bersama Emiya Kiritsugu, orang yang menyelamatkannya dari bencana tersebut, yang kemudian menjadi ayah angkatnya. Kiritsugu akhirnya meninggal 5 tahun setelah bencana tersebut, meninggalkan Shirou bersama seluruh hartanya yang diwariskan kepada anak angkatnya tersebut.

di lain pihak, Tohsaka Rin adalah seorang keturunan magi yang juga merupakan rekan satu sekolah Shirou. dengan melakukan summon terhadap Servant yang bernama Archer, ia mempersiapkan diri sebagai salah seorang Master dalam War of Holy Grail.

kehadiran Tohsaka yang sempat menyelamatkan nyawanya setelah ia nyaris terbunuh dalam salah satu pertempuran bukanlah masalah bagi Shirou… sampai ia secara ajaib melakukan summon terhadap seorang Servant yang bernama Saber. Shirou yang tidak tahu-menahu mengenai War of Holy Grail tiba-tiba terseret sebagai salah satu Master ke dalam perang yang membingungkan ini…

diangkat dari sebuah game dengan judul yang sama, Fate/Stay Night dikerjakan oleh Studio DEEN yang bekerjasama dengan TYPE-MOON, di bawah nama Fate Project. versi game-nya sendiri merupakan sebuah eroge [wiki?], namun versi anime-nya yang ditujukan untuk segmentasi pemirsa remaja tampaknya membuang jauh-jauh elemen tersebut dari serial ini, tanpa meninggalkan kompleksitas dari storyline yang menjadi salah satu keunggulan dari game-nya. bagus sih begitu.

artwork dan desain karakternya bisa dikatakan sangat baik — kalau tidak bisa dikatakan luar biasa. Saber digambarkan sebagai seorang ksatria zaman medieval, lengkap dengan pernak-pernik yang memang sesuai zamannya. Tohsaka Rin sebagai sorceress berkemampuan tinggi, lengkap dengan sifat yang agak bossy. Emiya Shirou… yah, tipe cowok baik yang selalu membantu orang lain dan kadang sedikit naif tidak banyak berubah sampai akhir cerita.

karakter lain juga didesain dengan rapi, termasuk karakter-karakter di luar para Master dan Servant yang memang menjadi karakter inti dalam perjalanan cerita. soal artwork yang memang sangat baik ini juga bisa diperhatikan di bagian penggambaran karakter, baik para Master maupun Servant yang memang digambarkan dengan cukup istimewa.

visual effect yang ditampilkan dalam serial ini juga bisa dikatakan sangat baik. adegan battle yang menjadi salah satu keunggulan utama dari serial ini digarap dengan maksimal. pertarungan digambarkan dalam tempo tinggi, dengan efek-efek yang juga enak dilihat. demikian juga penggambaran angle yang unik dalam penggambaran animasinya turut menyumbang nilai lebih dari sisi visual serial ini.

secara keseluruhan, dari segi visual anime ini memang bisa dikatakan cukup luar biasa. artwork, visual effect, dan adegan battle yang digarap dengan sangat baik sukses membuat serial ini visually memorable.

salah satu poin yang sebenarnya juga cukup potensial dalam memberikan nilai tambah dari serial ini adalah konsep cerita yang disajikan. storyline yang ada dibuat dengan baik dan cukup kompleks, dan menjelaskan hampir segala aspek dari cerita yang dijelaskan dalam serial sepanjang 24 episode ini. meskipun demikian, hal ini agak kurang diimbangi dengan storytelling yang terasa ‘cukup biasa’. beberapa bagian dalam cerita malah terasa agak terlalu lambat dan sedikit kurang signifikan, terutama selepas episode 19 di mana proses pengembangan cerita menjadi terasa tidak terlalu istimewa dibandingkan episode-episode sebelumnya.

masih dari soal cerita, character development dilakukan dengan cukup baik di serial ini… untuk beberapa bagian. bagian di mana Tohsaka dan Shirou yang awalnya sempat hendak saling bunuh, lalu menjadi sekutu, dan akhirnya menjadi tim yang kompak memang cukup menarik perhatian… tapi yang lainnya, tidak. demikian juga karakter seperti Matou Sakura dan Ilyasviel von Einzbern tampaknya menjadi agak tersia-sia dengan pengembangan yang ‘seperti itu saja’.

bagusnya, hal tersebut di-cover dengan musical scores dan OST yang sangat baik. musical scores di serial ini ditangani oleh Kenji Kawai, yang sukses menghasilkan scores yang memang luar biasa untuk serial ini. penggunaan scores yang sangat baik ini dapat diperhatikan pada hampir setiap event yang terjadi pada beberapa episode. demikian juga karakter seperti Saber dan Archer memiliki theme masing-masing yang juga cukup memorable dalam serial ini.

OST yang diusung serial ini juga cukup memorable. opening theme-nya dibawakan oleh Tainaka Sachi dengan lagu disillusion yang cukup enak didengar, dan belakangan digantikan oleh lagu Kirameku Namida wa Hoshi ni yang dibawakan oleh penyanyi yang sama, yang — meskipun dengan tempo tinggi yang cukup menghentak — sebenarnya cukup khas dan memorable.

untuk ending theme-nya, lagu Anata ga Ita Mori yang dibawakan oleh Jukai terasa cukup ‘biasa’, tapi toh cukup enak didengar. meskipun demikian, salah satu insert song yang berjudul Hikari yang juga dibawakan oleh Jukai di episode 14 terasa cukup memorable, dan secara umum OST dari serial ini bisa dikatakan cukup baik.

secara umum, serial ini digarap dengan sangat baik, dan tidak mengherankan juga bahwa serial ini memperoleh sambutan yang sangat baik di negara asalnya. storyline yang dikembangkan juga cukup kompleks, walaupun dengan storytelling yang sayangnya masih kurang mampu mengimbangi konsep cerita yang sebenarnya bisa berkembang lebih baik lagi.

meskipun demikian, serial ini mampu tampil menghibur, walaupun masih dengan beberapa kekurangan yang membuatnya tidak sempurna. setidaknya, serial ini cukup jauh di atas rata-rata.

130 Comments