udang di balik bakwan

…coba, kapan terakhir kali gw secara sukarela menerima tugas sebagai notulen dalam sebuah rapat? sebuah pekerjaan yang membayangkannya saja gw sudah malas duluan… tapi hari ini gw kerjakan juga, akhirnya.

…atau jangan-jangan ini pertama kalinya, mungkin juga. wah, ini sejarah, kalau begitu.

***

jadi ceritanya, sebagai salah seorang pengurus di senat mahasiswa fakultas (sebenarnya sih namanya badan eksekutif mahasiswa sekarang, terserahlah =P), gw harus menghadiri rapat mingguan yang dihadiri oleh para pengurus inti (baca: ketua senat/bem, sekretaris, kepala bidang, dan sebagainya). dimulai jam 1000, dan biasanya berlangsung selama 2 jam.

terus, apa hubungannya?

nah. sebagai peserta rapat yang baik, gw memiliki sebuah ‘prinsip’ kecil-kecilan: jangan menyalakan laptop selama rapat, kecuali hal yang memang diperlukan. iyalah, menyalakan laptop selama rapat tanpa tujuan jelas sama saja dengan tidak mau mendengarkan orang yang ngomong dalam rapat!

oh, oke, jadi jujur saja. gw sudah berminggu-minggu tidak mengikuti perkembangan Suzuka (review-nya sempat gw tulis beberapa waktu lalu), sebuah manga yang dikerjakan dalam sebuah scanslations project. dan sejauh ini, gw belum melihat versi licensed-nya di toko buku di tanah air… maka gw pun ‘terpaksa'(?) men-download scanslations dari manga tersebut.

dan masalahnya lagi, M-E-T-E-O-R- (= laptop yang biasa gw pakai) tidak memiliki download manager… maka kecepatan download dari jaringan tidak bisa benar-benar cepat. entahlah, mungkin akan gw install kapan-kapan. jarang dipakai juga, sih.

jadi akhirnya, sepanjang rapat selama dua jam tersebut gw menjadi notulen secara sukarela… sambil download, tentunya. dan tentu saja, tanpa sebuah download manager, kecepatan transfer-nya tidak bisa benar-benar diharapkan, walaupun tidak benar-benar buruk juga.

sudahlah, akhirnya rapat-pun selesai, begitu juga notulen-nya, dan begitu juga hasil download gw =). tidak ada masalah, notulennya pun cukup rapi… setidaknya menurut gw. tapi sepertinya, gw belum akan menjadi notulen lagi secara sukarela, tuh =P.

dan pesan moral yang gw pelajari, ternyata utilisasi resource dengan prinsip multitasking pada satu waktu bisa mendatangkan keuntungan lebih. yang penting, tidak melanggar peraturan, kan?

___

footnote:

  • download manager — software untuk melakukan optimisasi proses download. secara gampang, bisa meningkatkan kecepatan download… bahasan teknisnya bisa panjang =)
  • multitasking proses melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu komputer. misalnya kalau seseorang sedang mengetik sambil mendengarkan musik sambil mengecek e-mail.
  • scanslations proses melakukan scan dan menerjemahkan komik berbahasa asing secara sukarela dan tidak dibayar. hasilnya didistribusikan melalui internet, dan rilisnya di-drop begitu material yang dikerjakan di-license.

3 Comments