kurosagi

sebenarnya, ini ‘taruhan’ yang agak berbahaya: memadukan pendekatan romance dan suspense dalam sebuah drama. dengan sedikit kesalahan, drama ini mungkin akan jatuh menjadi ‘terlalu manis’, atau sebaliknya, mungkin malah jatuh menjadi ‘terlalu gelap’.

meskipun demikian, J-Drama sepanjang 11 episode dengan judul Kurosagi ini ternyata sukses menangani hal tersebut. dengan storyline yang cukup kompleks, lengkap dengan plot-twisting yang sangat baik dan musical scores yang mendukung, serial ini tampil luar biasa.

serial ini mengisahkan perjalanan seorang Kurosagi (= black swindler) yang bernama Kurosaki, yang secara khusus mengincar para Shirosagi (= white swindler) yang melakukan penipuan terhadap orang-orang awam dan kejahatan kerah putih.

di tengah intrik-intrik dan konflik tingkat tinggi dalam dunia para penipu profesional yang lengkap dengan kejaran polisi, Kurosaki tiba-tiba mendapat ‘gangguan kecil’: seorang mahasiswi jurusan hukum bernama Yoshikawa Tsurara yang secara kebetulan baru pindah tempat tinggal di sebelah kamarnya, yang mengenalnya ketika Kurosaki ‘membantu’ mengembalikan uang pamannya yang ditipu oleh seorang Shirosagi.

Yoshikawa yang tidak setuju dengan cara-cara Kurosaki yang dianggapnya sebagai ‘kriminal’ tiba-tiba menghadapi benturan terhadap keyakinannya akan sistem hukum: di satu sisi, ia tidak setuju dengan cara Kurosaki melakukan penipuan terhadap para Shirosagi, sementara di sisi lain korban dari para Shirosagi merasa terbantu oleh perbuatan Kurosaki sebagai seorang Kurosagi…

dengan pendekatan berupa suspense dengan paduan drama dan sedikit humor, serial ini berhasil menampilkan storyline yang apik dengan storytelling yang baik pula. dan bagusnya, serial ini tidak sampai jatuh ke dalam drama romance yang ‘terlalu manis’, atau drama suspense yang ‘terlalu gelap’. bisa dikatakan, serial ini sangat baik dalam menangani hal tersebut. storyline yang kompleks, lengkap dengan pendekatan bergaya suspense, namun tetap tidak kehilangan unsur drama di dalamnya.

hal yang juga perlu diperhatikan dari serial ini adalah dari sisi pengembangan karakter yang dilakukan. karakter-karakter yang ada dieksplorasi dengan baik, lengkap dengan masa lalu dan alasan masing-masing untuk menjalani peran yang ada saat ini. penggunaan kilasan-kilasan flashback maupun potongan-potongan dialog singkat yang ditampilkan secara terpisah-pisah berhasil dengan baik dalam karakterisasi, tanpa perlu banyak dialog yang mubazir.

masih dari soal cerita, storytelling dalam serial ini menjadi salah satu kekuatan serial ini. plot-twisting yang dilakukan dengan sangat baik menghasilkan cerita yang tidak terduga, lengkap dengan trik-trik dalam pertarungan antara Kurosagi dengan para Shirosagi yang dipaparkan dengan sangat baik. meskipun dengan pendekatan yang tidak langsung dalam penyampaian cerita, serial ini tetap tidak kehilangan greget dan kompleksitas dari storyline yang ada.

hal lain yang juga perlu diperhatikan dari soal storyline adalah bahwa serial ini mampu menghadirkan drama yang apik, di luar suspense yang memang digarap dengan cukup baik. beberapa adegan berhasil menjadi memorable, dan tanpa perlu jatuh menjadi cengeng, serial ini berhasil dengan baik menyajikan adegan-adegan yang menyentuh.

dari segi musical scores, serial ini juga berhasil tampil dengan sangat baik. penggunaan scores yang tepat menghasilkan drama yang menyentuh, demikian juga hal tersebut turut berperan dalam membangun suspense dalam pengembangan cerita. kalau anda memperhatikan, serial ini juga memiliki main theme yang sangat memorable yang bisa ditemukan dalam setiap episode.

sementara itu, serial ini menampilkan OST dengan judul Daite Senorita (= hold me, Senorita!) yang cukup catchy, dibawakan oleh Yamashita Tomohisa yang juga berperan sebagai Kurosaki dalam serial ini. lagunya sendiri memang cukup enak didengar, dan sempat menghuni #1 di Oricon Chart di negara asalnya. kalau anda memperhatikan juga, lagu ini juga beberapa kali muncul sebagai insert song dalam beberapa episode.

bisa dikatakan, dalam soal musical scores, serial ini sangat baik. demikian juga OST yang catchy turut menyumbangkan nilai tambah terhadap penggarapan sound dalam serial ini.

nah. terakhir, soal casting. secara umum, cast yang ada menjalankan perannya dengan sangat baik, dan diperankan dengan cukup pas pula. karakter Kurosaki tampak diperankan dengan sangat baik, lengkap dengan segala pergantian karakternya dalam menjalankan perannya sebagai seorang Kurosagi. Kashima Masaru tampil dengan sangat baik sebagai seorang inspektur polisi yang berambisi untuk menyeret Kurosaki ke hadapan hukum.

yang lainnya? Yoshikawa Tsurara cukup cemerlang dalam mengimbangi Kurosaki. Mishima Yukari… entah kenapa, terasa terlalu ‘biasa’ di serial ini. karakter yang juga cukup bersinar adalah Katsuragi Toshio dengan perannya sebagai ‘mentor’ sekaligus man behind the scene, lengkap dengan posisinya sebagai pemasok informasi bagi Kurosaki. overall, cast dalam serial ini bisa dikatakan cukup baik dalam menjalankan perannya.

suspense, drama, dan sedikit humor… dengan komposisi tersebut, serial ini mampu tampil dengan luar biasa. didukung oleh storyline dan plot-twisting yang memang sangat baik serta musical scores yang juga digarap dengan maksimal, serial ini layak menjadi pilihan untuk anda yang mengharapkan tontonan yang berada di atas rata-rata.

akhirnya, untuk anda penggemar drama yang mengharapkan sesuatu yang memorable, serial ini dapat menjadi pilihan yang sangat baik. dengan sedikit humor dan pendekatan yang realistis, serial ini berhasil dengan baik dalam memadukan suspense dan drama dalam sebuah tontonan yang menghibur.

17 Comments