unfortunate streak

“hidup itu seperti roda. kadang di atas, kadang di bawah. tapi sayangnya, kadang-kadang rodanya nyangkut…”

___

percaya atau tidak, kayaknya beberapa hari ini gw persediaan keberuntungan gw menipis. atau bisa dibilang, sepertinya gw sedang mengalami serentetan kejadian berupa ‘rangkaian ketidakberuntungan yang tidak menyenangkan’.

eh… hal seperti ini biasanya disebut orang dengan ‘sedang sial’ atau ‘nggak nasib’. apalah itu, pokoknya tidak menyenangkan.

oh, oke, mari kita daftar saja satu-per-satu secara kronologis. dimulai dari kejadian di hari Senin, 12 Januari 2007, selanjutnya adalah trivial pursuit yang diharapkan akan cepat berakhir.

  1. setelah beberapa bulan, gw berencana untuk meng-upgrade engine dari website ini yang tadinya menggunakan WordPress 2.0.2. dengan rilis WordPress 2.1 yang sudah available sejak lebih dari dua minggu yang lalu, rencana siap dijalankan… tapi sayangnya, proses upgrade gagal total karena koneksi FTP yang bermasalah ke server. dicoba sekali, dua kali, dan seterusnya, upload engine baru tidak berhasil.
  2. sebelumnya, gw berencana untuk main ke tempat kos seorang rekan yang bernama Daniel Albert untuk meng-copy hasil fansub dari sebuah serial J-Drama. setelah kejadian (1) yang agak menyebalkan, akhirnya sampai di tempatnya… dan ternyata tidak ada LAN controller di komputer tersebut, mengakibatkan transfer data tidak bisa dilakukan. tadinya, transfer data direncanakan akan dilakukan dengan teknik peer-to-peer dengan menggunakan kabel LAN ke M-E-T-E-O-R- (= laptop yang hampir selalu gw bawa ke mana-mana).
  3. masih di tempat yang sama, gw dibantai berturut-turut dalam pertandingan Winning Eleven. Liverpool, Chelsea, dan Juventus terus-menerus membobol gawang Thierry Henry dan kawan-kawan, menghasilkan salah satu losing streak paling parah yang pernah gw alami dalam tiga tahun terakhir di kancah Winning Eleven.
  4. berhubung sang pemilik kamar menawarkan untuk menginap (terima kasih Albert =) ), dan dasar gw memang ‘selalu siap menggelandang’ (baca: selalu membawa perlengkapan ke mana-mana =P ), maka gw pun menginap. kuliah pagi jam 0800 di hari Selasa, dan gw-pun tidur. tapi gw bangun agak kesiangan, dan hujan turun dengan deras nggak ampun-ampun. gimana caranya jalan kaki dari Kukusan ke Fasilkom dengan hujan kayak begitu dan tetap kering? ampun deh.
  5. sampai di kampus, setelah kuliah dan berbagai hal sejenisnya, gw kembali mencoba upgrade engine website ini, dan proses upgrade gagal lagi. oh, bagus. tapi sayangnya, bukan cuma itu. dengan demikian, engine lama sudah dibuang, dan engine baru tidak bisa di-install, mengakibatkan terjadinya kerusakan sehingga engine website ini tidak bisa digunakan. untungnya, content dari website ini sudah di-backup.
  6. oke, akhirnya dengan sedikit pengetahuan yang dipelajari dari kuliah Basis Data dan pengalaman melakukan koneksi ke database, gw membuang seluruh isi dari fileserver website ini, dan mencoba untuk meng-install kembali ke engine lama. sialnya, ternyata gw tidak bisa mengakses website ini melalui browser, dan hanya menemui error berupa ‘connection timed out’. belakangan, gw mengetahui bahwa tampaknya HTTP server yang digunakan sedang down, sehingga website ini tidak bisa diakses dari mana-mana. kok jelek banget sih waktunya?
  7. malamnya, gw kembali ke kos… dan ternyata, gw baru ingat bahwa salah satu lampu yang ada di kamar tidak menyala sejak beberapa hari yang lalu. untungnya, masalah selesai dengan cepat setelah lampu diganti. lagi-lagi, kok jelek banget sih waktunya?

dan gw berharap semoga hal tersebut cukup sampai di situ saja. dan masih dengan keadaan di mana HTTP server di csui04.net sedang down, maka tulisan ini kemungkinan akan sudah tidak aktual lagi ketika anda membacanya.

sudahlah. setidaknya, pengalaman gw bertambah soal upgrade engine, koneksi FTP dan HTTP, dan pengalaman lainnya. setidaknya, sesuatu tidak sia-sia.

___

footnote:

  • peer-to-peer — menghubungkan antara dua buah komputer dengan sebuah kabel LAN (= Local Area Network, jaringan lokal). gampangnya sih kira-kira seperti jaringan mini dengan dua buah komputer.
  • LAN Controller — device untuk menghubungkan komputer ke dalam jaringan. itu lho, colokan yang kayak jack kabel telepon, tapi sedikit lebih besar di belakang komputer.
  • HTTP — HyperText Transfer Protocol, salah satu metode koneksi dalam internet (atau secara umum, jaringan komputer). umumnya digunakan ketika sebuah halaman dibuka dengan sebuah browser.
  • FTP — File Transfer Protocol, juga salah satu metode koneksi dalam internet (atau secara umum, jaringan komputer). penggunaannya biasanya untuk transfer file antar server, misalnya untuk upload materi website dan sebagainya.

___

ditulis pada hari Selasa, 13 Februari 2007. saat ini, server csui04.net masih belum bisa diakses melalui browser. kalau anda bisa membaca tulisan ini, seharusnya sih server-nya sudah jalan lagi =P

One Comment