1 LITRE no Namida SP ~reminiscence~

akhir minggu kali ini, gw menghabiskan waktu dengan menonton sebuah SP yang diangkat dari serial drama 1 LITRE no Namida (aka: Ichi Rittoru No Namida, atau 1 Litre of Tears). SP dari drama yang dirilis pada 2005 ini diberi judul 1 Rittoru no Namida: tokubetsu-hen ~tsuioku~ (jp: 1 Litre of Tears: special chapter ~reminiscence~).

materialnya sendiri masih dalam bentuk raw yang belum diterjemahkan, jadi membutuhkan ketelitian ekstra untuk memahami jalan cerita yang disampaikan… dan sehubungan dengan rilisnya yang masih cukup baru, tampaknya sejauh ini masih belum ada fansub yang dirilis untuk versi SP ini. yah, tapi itu soal lain, sih.

nah, langsung saja deh.

film ini dirilis pada April 2007 di negara asalnya, jadi bisa dikatakan masih cukup baru sejak rilisnya. anda yang dulu sempat mengikuti serial 1 LITRE no Namida (review-nya sempat ditulis di sini beberapa waktu yang lalu) dan mungkin masih ingat bagaimana serial ini membuat anda banjir air mata, ada baiknya untuk menyimak SP dari drama yang memang fenomenal ini.

bscap0078.jpg

dengan durasi 140 menit, film ini bisa dianggap sebagai paket nostalgia bagi pemirsa serial drama yang dirilis dua tahun lalu ini. masih dengan cast yang tidak banyak berubah, karakter-karakter seperti Asou Haruto dan keluarga Ikeuchi kembali tampil dalam film ini dengan beberapa perubahan sehubungan dengan latar waktu yang mengambil tempat setengah tahun setelah kematian Ikeuchi Aya di akhir serial 1 LITRE no Namida.

beranjak setengah tahun setelah akhir cerita 1 LITRE no Namida, film dibuka dengan upacara kelulusan Ikeuchi Ako yang baru saja menyelesaikan pendidikannya sebagai seorang perawat. sementara itu, Asou Haruto dikisahkan juga telah menyelesaikan pendidikannya sebagai seorang dokter, dan kini bekerja di rumah sakit Universitas Jounan.

salah satu pasien yang ditangani oleh Asou adalah Nakashima Mizuki, seorang gadis yang sedang menjalani rehabilitasi medis dan terpaksa tinggal lama di rumah sakit. suatu ketika, seorang pasien yang juga sedang menjalani rehabilitasi memberikan sebuah buku berisi catatan harian Ikeuchi Aya yang telah diterbitkan, seraya menyebutkan bahwa Ikeuchi Aya adalah kenalan dari dr. Asou yang merawatnya.

buku tersebut memancing keingintahuan Mizuki akan gadis yang bernama Ikeuchi Aya, sementara di sisi lain Asou tampaknya memiliki masalah sendiri sehubungan dengan hal tersebut…

…dan akhirnya sebuah cerita diungkapkan, mengenai kehidupan Ikeuchi Aya yang dituturkan kembali oleh Asou kepada Mizuki.

bscap0076.jpg

pada tiga puluh menit pertama, film ini lebih banyak mengeksplorasi kehidupan karakter-karakter yang ada pada timeline saat ini. Nakashima Mizuki digambarkan sebagai gadis yang mempertanyakan arti hidupnya, sementara di sisi lain Asou tampaknya masih memendam perasaan galau sehubungan dengan kenangannya akan Ikeuchi Aya. karakter lain juga yang cukup signifikan adalah Ikeuchi Ako yang tampaknya merasakan adanya perubahan dalam diri Asou sejak kematian kakaknya tersebut.

selanjutnya, selama lebih dari satu setengah jam film ini menampilkan flashback kehidupan Ikeuchi Aya yang aslinya dirangkum dalam satu season drama yang terdiri atas 11 episode tersebut. bisa dikatakan, bagian ini lebih memfokuskan kepada kehidupan Aya, diselingi percakapan-percakapan antara Asou dan Mizuki. anda pemirsa yang mengikuti versi serialnya mungkin akan menemukan bahwa bagian ini lebih merupakan sebuah montase dari adegan-adegan yang ada pada serial drama tersebut, namun meskipun demikian versi SP ini seharusnya tetap bisa diikuti dengan baik oleh pemirsa yang tidak familiar dengan versi drama serialnya.

sebenarnya ide cerita dalam film ini potensial untuk digarap dengan lebih kompleks… namun sayangnya, akhirnya film ini seolah jatuh menjadi sekadar digest untuk versi serialnya. eksplorasi karakter — di luar flashback dari drama aslinya — terasa minimal, dengan durasi penyampaian yang tidak cukup memadai untuk sebuah film sepanjang 140 menit. konflik internal yang terjadi, baik untuk karakter Asou maupun Mizuki akhirnya kurang tereksplorasi karena dominannya flashback ke masa kehidupan Ikeuchi Aya.

well, tidak bisa diprotes juga, sih. untuk sebuah versi SP dari sebuah serial drama, hal tersebut tampaknya memang demikian adanya =). meskipun demikian, salah satu poin yang menjadi nilai tambah dari film ini adalah bahwa versi serialnya sendiri memang memiliki mutu yang jauh di atas rata-rata, sehingga film ini tidak sampai jatuh menjadi membosankan. yah, bagus sih begitu.

bscap0077.jpg

musical scores di-cover dengan sangat baik — kalau tidak dikatakan luar biasa — seperti halnya versi serialnya. ada beberapa modifikasi penggunaan scores untuk beberapa adegan flashback, dan menghasilkan adegan yang terasa ‘berbeda’ dengan versi serialnya. aransemen dengan piano dan cello ditampilkan untuk scores yang diadaptasi dari OST-nya, dan berhasil dengan cukup baik dalam membangun suasana.

untuk OST, komposisi yang dipergunakan tidak banyak berubah. masih ada Only Human yang dibawakan oleh K, serta Konayuki dan March 9th yang dibawakan oleh Remioromen. Konayuki yang menjadi insert song masih berhasil membangun suasana yang kuat pada adegan sewaktu salju turun (euh… adegan ini diambil dari episode 8, kalau anda masih ingat =) ), namun untuk adegan-adegan lain lagu tersebut di-cover oleh versi aransemen piano-nya. versi choir dari lagu March 9th kembali ditampilkan, kali ini juga berperan sebagai insert song. overall, tidak jauh berbeda dengan versi serialnya, komposisi musik masih menjadi keunggulan film ini.

dari segi cast, film ini tampil cukup baik… untuk sesi flashback yang memang mengambil adegan dari versi serialnya. meskipun demikian, ada beberapa catatan juga, sih. Asou Haruto terasa agak kurang pas dalam perannya sebagai seorang dokter, dibandingkan perannya yang cukup bersinar sebagai siswa SMU di serial aslinya. Ikeuchi Ako cukup cemerlang sebagai supporting role, dan Nakashima Mizuki cukup mencuri perhatian dengan perannya sebagai gadis yang ceria-tapi-complicated.

…yang lainnya? ayah dan ibu dari keluarga Ikeuchi masih tampil dengan sangat baik, tidak jauh berbeda dari versi serialnya. untuk adegan-adegan flashback dalam film ini, sebenarnya lebih tepat di-review sebagai drama 1 LITRE no Namida, bukan sebagai bagian dari film ini. oh, well… tampaknya memang begitulah adanya, tapi meskipun demikian secara umum cast yang ada masih melanjutkan permainan yang cukup baik dari versi serialnya.

bscap0079.jpg

film ini sebenarnya lebih tepat untuk dinikmati oleh anda yang memang mengikuti versi serialnya, namun meskipun demikian penonton yang tidak familiar dengan serial 1 LITRE no Namida seharusnya dapat mengikuti film ini dengan baik. well, walaupun mungkin dengan sedikit catatan bahwa ada beberapa adegan yang mungkin akan ‘sedikit membingungkan’ karena tidak adanya acuan ke serial aslinya, tapi seharusnya hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah.

overall, film ini tampil menghibur, walaupun dengan beberapa catatan yang telah disebutkan di atas. setidaknya, film ini seharusnya lebih dari cukup untuk sebuah paket nostalgia dari sebuah serial yang merupakan creme de la creme di antara banyak serial J-Drama.

___

ada kutipan yang gw ingat dari pembicaraan antara Asou dan Mizuki. semoga gw tidak salah mendengar dan tidak salah menginterpretasikan =)

Mizuki: “orang itu… sewaktu di sekolah, baik ya?”

Asou: “…ya.”

Mizuki: “dokter… suka sama dia?”

*gubrak*

ampun deh…

51 thoughts on “1 LITRE no Namida SP ~reminiscence~”

  1. wow asik asik..!!
    mau nonton dong…
    punya ost-nya kah?
    mau film dan ost-nya dong ho3…

  2. :: nuR

    film-nya? kalau mau, boleh… tapi masih raw, nggak ada terjemahannya.

    OST-nya sih nggak jauh beda dengan versi serialnya. masih ada Konayuki, March 9th, dan Only Human… dan versi choir-nya March 9th yang ‘naik tingkat’ jadi insert song.

    …mau?

  3. Sebagai sesama pecinta 1 Litre of Tears boleh donk minta Filmnya. Raw juga gak apa-apa. atau kasih tahu dapat dari mana dapet filmnya, padahal release April 2007. Eh iya Choir dari March 9th boleh dong di up-load seperti yang lainnya.

    Thanks,

    Terakhir Met Ujian ya
    (Gw di FIB 02)

  4. duh jadi ga sabar buat nonton.
    ikeuchi ako menurut saya sosok yg sama seperti ikeuchi aya,
    dalam hal penyakit, keduanya mengalami penyakit yg mematikan.
    walau begitu, ceritanya kayaknya udah bisa ditebak oleh penontonnya!!!
    tapi ada yg beda kayaknya dari film 1 litre of tears dngn film lainnya
    yaitu pesan moral dan teka teki mengapa sih si ikeuchi aya nulis diary…
    itu kayaknya yg mau disampein dari reminiscence.

    benang merah dari film ini adalah buku harian kitou aya….
    oh ya hari ini 1 litre of tears ditayangin di tv…
    semoga bisa menginspirasi banyak orang.

    komentarnya rada banyak ga apa kan?

  5. :: iqbal

    silakan kontak secara pribadi kalau berminat.

    :: daryana

    euh.. maksudnya Nakashima Mizuki? Ikeuchi Ako sih adiknya Ikeuchi Aya, sehat-sehat saja kok dalam ceritanya 🙂

    rada banyak? santai saja…

  6. Kyknya bagus. Pengeeeeeennnn nooonnntoooonnn. Asou jadi dokter yach. Asou ditanya suka ama Aya, pasti dijawab iya.

  7. tu bs dibilang terusan dr filmX one litter of tears y? wah kisah nyata jg dong? wah nangis lagi dong? gmn q bs liat tu film? dah da blum di Indonesia vcdX gtu?

  8. :: AyaFans

    Asou memang sudah jadi dokter. jawabannya? silakan nonton sendiri… tapi belum ada terjemahannya, sih.

    :: ions_angel

    lihat di atas.

    :: cupit_etra

    bukan kisah nyata. 1 Litre of Tears yang pertama juga bukan kisah nyata, kok. itu fiksi yang diangkat dari kisah nyata.

    :: RisaWamuRa

    SP itu special chapter, biasanya kalau untuk drama dirilis setelah season aslinya tamat. mirip OVA kalau nonton anime, mungkin yah?

  9. Guys,,,,,kalo ada yg jual DVD/VCD/CD ato blueray deh^^(hiper) yang 1 litre of tears plus yang 1litreoftears SP nya dan OST nya…..gw mau BGT dan niat bgt donkkkkkk…..
    hubungin gw di 08179126568(tom),,,,please bgt,,,,gw mau beliiii
    ato kaga diary nya juga gw mau…….>.

  10. :: Tz

    sabar…

    di sini tidak melayani penjualan DVD, apalagi kalau isinya fansub. FYI, pertanyaan sejenis ini tidak akan dilayani, dan mungkin akan di-delete.

    silakan bertanya atau berdiskusi di topik ini, tapi harap perhatikan bahwa topik ini tidak ditujukan untuk melayani permintaan seperti yang telah disebutkan.

    terima kasih sebelumnya 🙂

  11. pengen nontoooon.. T_T
    pliiiis..
    kasi tau gw info lgkp gimana gw bisa dapetin tuh sp..

  12. waaaaah mau donk ! !
    kok bisa dapet filmnya cpet sih ? ? darimana ? ? padahal kan baru release april ! !
    situ bisa bhs.jepang yaaa ? ? waaaah asik bgt ! !
    jadi pengen cpet2 liat deh ! !
    sangat menarik!

    ntar klo ada film2 ato sgala yg berbau jepang , tulis lagi yaaa ! !

    arigatou !

  13. mau dong nonton filmnya tapi kayaknya sulit untuk dapati kasetnya saya mau tanya kalau kasetnya itu dijual dimana karna dics tara kayaknya sudah jarang jual kaset-kaset asia

  14. EH TAPI DALAM FILEM INI BUKANYA SI AYA SAMA ASO SUDAH NIKAH?
    APA BLUM?
    KALO BLUM BERARTI BENER YANG DI INDOSIAR DONG?
    TP KATA TMN2 GW SI ASAO SM AYA NIKAH DULU SBLM AYA MNINGGAL!!!

    +KALO DI SINI MASA ASONY DI TANYA SUKA SM DY? KAN UDH NIKAH YA PSTI SUKA KAN????

    HAYO GIMANA JAWABNYA???

  15. :: ami

    itu… sepertinya diambil dari SP yang ditayangkan di TV, deh. Fuji TV memang menyiarkan SP itu pada bulan April, sih. terus hasilnya di-upload, dan jadi deh video raw itu.

    :: yuri sicilia ch

    sepertinya belum dijual, tuh. apa boleh buat, tampaknya harus menunggu fansub, kalau begini. sampai saat ini belum ada kepastian akan fansub project yang mau mengerjakannya, sih.

    :: Johan

    eh… tolong jangan pakai caps-lock. kesannya kayak anda sedang teriak-teriak di topik ini. perhatikan netiquette, yah 🙂

    soal itu, sebaiknya anda nonton dulu serial aslinya sampai selesai, baru komentar. pertanyaan anda akan terjawab dengan cukup jelas, kok.

    komentar kedua di-delete yah, karena isinya off-topic. terima kasih sebelumnya 🙂

    ::

    beberapa komentar yang off-topic juga di-delete. topik ini khusus untuk diskusi mengenai SP-nya. silakan berdiskusi di topik yang sesuai untuk membicarakan mengenai versi serialnya.

  16. MAAUUUU.. *banjir airmata lg gak yah? ehehheh~
    gmana cr dptny hixhixhxhxix~
    asou-kun~ huhuhuu manis bgt

  17. Hiii ……….
    mau donk nonton filmnya …
    kyak’a seru nii …
    apa lagi ..
    si asou yg ganteng itu dah jadi dokter ….
    jadi mau liat …
    terus penasaran degh ma ceritanya…
    tapi …
    dokter mizunonya ga ada lagi ya ….??

  18. eh asyik dunk. puteeeeeeeeeeeeeeerin dunk!
    tp waktu ku bc sinopsisnya td kayaknya ada yang berubah sama asou, apa dia udah il feel sama aya.
    padahal seharusnya gak begitu kan.

  19. :: Icha

    dr. Mizuno masih ada, kok. tapi perannya memang tidak terlalu signifikan, sih.

    :: dan2

    sebenarnya sih karena kenangannya akan Ikeuchi yang baru meninggal. kalau diperhatikan, justru karena perasaannya terhadap Ikeuchi dia jadi seperti itu. sebenarnya cukup jelas kok di SP ini.

  20. wahh. bneran ya udh ada SPnya? penasaraaannn!!
    beli dmana siih klo di jakarta?
    pnasaran sm si Asouu-kun. hehe. 🙂

  21. wah…bagi yg punya informasi, nyari yang special chapternya dmana ya….plisss….
    di rental ud ada blom ya ???…
    GW BENER3 PENGEN NONTON YG SPECIAL CHAPTER…!!!!!!!!!
    jd tmn2 yg punya, ato ada informasi nyari dmana ato gimana pliss..bagi2 donkzz…
    klo downnload OSTnya di savefile.com aja…
    plisss bgt ya informasi akan sangat bharga….
    hixx.hixxx…hixx…

  22. aku udah nonton!
    kyaa~~!!
    tapi baru part 1a & 1b sie..
    hoho..
    yud1, makasi atas artikel ttg sp ini.. ^^

  23. AQ dah nonton ko..
    mank lebih banyak menampilkan masa lalu AYA sih..
    tapi tetep menarik karena aktornya gak beda dan kisahnya mengingat kembali ini bikin kita nangis lagi ngeliat kekuatan yang Aya berikan buat orang-orang sekitarnya…
    Sayonara

  24. hoho
    dah nonton mpe abis
    75% flashback
    25% new
    tapi bagus koq
    scene yg dipilih yg bagus2
    sedih bgt gw wkt haruto nangis karena inget aya T_T
    dia masi nyimpen nomer hp aya
    walopun tau tu nomer ga bakal bisa dihubungin lagi
    tapi dia tetep nyoba nelp
    oia, setelah ending nya tuh konser K ya??
    kereen.. T_T

  25. waah… nice review 🙂

    materialnya sendiri masih dalam bentuk raw yang belum diterjemahkan, jadi membutuhkan ketelitian ekstra untuk memahami jalan cerita yang disampaikan…

    Hee… keren kali nih, nonton raw yang belum ada terjemahannya… Ckckck… benar-benar … ^_^


    Iya, kalau durasi 140 menit itu beberapa flashback-nya bikin jalan cerita masa sekarangnya terputus dan kurang sinergi (halaaah… bisanya cuma bicara ini 😛 ), tapi benar kok secara keseluruhan SP nya ini memang bagus, senang pas udah nontonnya…

    Mizuki: “orang itu… sewaktu di sekolah, baik ya?”

    Asou: “…ya.”

    Mizuki: “dokter… suka sama dia?”

    *gubrak*

    Hi hi… Mizuki nya terlalu mudah untuk tahu perasaan Asou ke Aya tuh…
    pak dokter-nya kurang profesional menjaga perasaannya sih, 😛

    Gantungan kunci lumba-lumbanya juga masih dipakai ya? Segitunya Asou …

    Eh, pertama kemari ini, salam kenal Yudi… 🙂

  26. :: jejakpena

    Hee… keren kali nih, nonton raw yang belum ada terjemahannya… Ckckck… benar-benar … ^_^

    eh… saya masih belum jago-jago amat, dengarnya saja masih salah-salah… belum bisa dibandingkan sama mbak yang kuliah di jepang sana :mrgreen:

    Eh, pertama kemari ini, salam kenal Yudi… 🙂

    salam kenal juga. btw, sampai ke sini dari tempatnya sora-kun? sora banyak cerita tentang jejakpena, sih. 🙂

    *kabur*

    *sebelum dibakar sora*

  27. @ Yud1

    btw, sampai ke sini dari tempatnya sora-kun? sora banyak cerita tentang jejakpena, sih.

    Iya, dari blognya Sora, agaknya kalian sama “parahnya” ya kadar J-lover nya. 😛
    Eh, eh… Iya gitu? Dia cerita apa? *tatapan menyelidik*
    Ayo bilang Yud!! Kalau nggak… *intimidasi Yudi*
    😛

    (Nanti saya balik deh, liat efek bakar-bakarnya separah apa…
    hi hi…)

  28. salam kenal juga. btw, sampai ke sini dari tempatnya sora-kun? sora banyak cerita tentang jejakpena, sih.

    *kabur*

    *sebelum dibakar sora*

    gyahahahahaha… maaf, OOT…

    wassalamu ‘alaikum, Yud!

  29. @ yud1

    salam kenal juga. btw, sampai ke sini dari tempatnya sora-kun? sora banyak cerita tentang jejakpena, sih. 🙂

    UUUAAANNJR**T… apaan tuh, fitnah, boong, ****, **** (sensorr 😛 ) lo ngemeng kayak gitu… 😮

    *tendang yud1* 👿

    @ jejakpena

    Itu boong mbak. Sumpah.

    @ rifu

    *cring*

    *menatap kejam pada rifu* 😎

    *bakar rifu* 👿

    Hei, diamlah kalian para penggosip tingkat wahid…. 😎

  30. banyak komentar, tapi… kok jadi off-topic begini, sih?

    :: jejakpena | :: sora-kun | :: Rifu

    ooi, dilarang OOT! :mrgreen:

    untuk selanjutnya, dilarang off-topic di topik ini. silakan komentar di topik yang lain (baca: yang tag-nya selain ‘J-Stuff’), tapi jangan di sini, yah.

    terima kasih sebelumnya 🙂

  31. :: frolicrazy

    belum ada DVD-nya… bahkan fansub saja belum ada. saya sih nonton material yang masih raw. kalau begini, tampaknya memang harus menunggu fansub, sih.

  32. ooh gtu ya. tapi aku tanya tmen aku yg jualan DVD ktnya udh ada tuh. gtau bner yg Reminescence ato g sih.. tapi ktnya ttg setengah taun stelah si Aya meninggal. brarti bner dong??

  33. :: frolicrazy

    mungkin itu raw yang diterjemahkan sendiri lalu di-burn ke DVD, atau memang sudah ada fansubnya. kalau lihat settingnya, mungkin benar sih.

  34. mmm…

    ano..
    aku dah nonton tuh SPnya..
    ngebosenin..
    abis isinya flashback mulu..
    mm,, btw..
    boleh nanya gak??
    yang jadi mizuki itu nama aslinya sapa siih??

  35. waah nyasaar ke blog ini…
    heeem..seperti nya anda penyukaa 1 LOT sekali yaa?
    .film2 seperti ini ada lagi gak sih, tp j-dor bkn movienya..
    koizora, udah pernah nntn blm?

Comments are closed.