utilisasi otak dan ide tulisan

saya percaya, bahwa sebenarnya otak saya ini bisa diutilisasi untuk lebih banyak memikirkan berbagai macam hal yang penting-tidak-penting: teologi, nasionalisme, filosofi, idealisme, pendidikan, psikologi, sosial, anime-manga culture, movie review, musik, sastra…

…kalau saya sedang tidak ada kerjaan.

ya, sebab selama lebih dari setahun ini menulis, tulisan saya yang (setidaknya saya anggap demikian, dan -bagusnya- beberapa pembaca lain berpendapat demikian pula) agak lebih bagus daripada yang lain terutama timbul dari pemikiran iseng ketika menganggur.

ha, jadi ketidakproduktifan saya memicu produktivitas saya menulis?

mungkin, tapi siapa yang peduli. paling cuma saya, sih. dan mungkin beberapa pembaca yang meminta update akan tulisan-tulisan terbaru saya[1]… itupun kalau saya tidak ke-GR-an. lagipula, memangnya siapa sih saya ini?

nah. kembali ke masalah. ada satu hal yang saya sadari belakangan ini, sejak berada dalam keadaan di mana saya tidak bisa menjamin keberlangsungan update tulisan saya[2]. (sok penting sekali kesannya… memangnya siapa sih saya?! :mrgreen: )

hal ini adalah kenyataan bahwa ide-ide yang biasanya saya tuangkan dalam bentuk tulisan di sini tidak mengalir selancar biasanya. bahwa sebelumnya saya sempat mengalami keadaan di mana ide-ide sampai mengantri untuk ditulis, dan tidak demikian beberapa waktu terakhir ini.

tampaknya, otak saya agak terlalu terutilisasi oleh hal lain. utak-atik code selama hampir setiap hari di setiap pekannya, dengan browsing di sela-sela waktu, dan nyaris tidak pernah jauh dari komputer.

dan saya merasakan dampaknya terhadap pikiran saya. ide tidak mengalir, dan saya mengalami kesulitan menuangkan kata-kata ke draf. dan yang lebih parah lagi, saya terlalu banyak berada di depan komputer. bah. terlalu banyak berada di depan komputer tidak terlalu baik untuk kesehatan dan pikiran, setidaknya begitulah menurut saya.

ah, padahal saya masih belum bisa melupakan kesenangan dalam berpikir untuk kemudian menuliskannya dalam bentuk tulisan; hal menyenangkan yang saya alami sejak dulu. tidak tahu juga sih, mungkin keadaannya saja yang tidak sesuai, atau mungkin ada alasan-alasan lain.

tapi entahlah, mungkin saya saja yang sedang tidak dalam keadaan untuk niat menulis, atau mood saya yang perlu diperbaiki. saya tidak bisa asal menuduh, kan?

…atau jangan-jangan, ini gejala kemandekan proses berpikir. wah, kacau kalau begitu. tapi setidaknya, (saya harap) ini seharusnya cuma sementara. seharusnya. eh… yah, seharusnya.

saya akan menulis lagi nanti.

___

[1] ada. beneran. nggak bohong. :mrgreen:

[2] selama beberapa waktu terakhir ini. tepatnya, sejak saya menuliskan salah satu entry di sini.

14 thoughts on “utilisasi otak dan ide tulisan”

  1. heeh, dibaca dulu…

    …siapa yang berencana hiatus? (lagi? ogah!) :mrgreen:

    lebih karena pikiran saya terutilisasi untuk hal lain, sih… mungkin. btw, dalam waktu dekat ini direncanakan load saya akan kembali ke semula, dan dengan demikian saya akan kembali menulis seperti-biasa.

    mohon maaf nih, kalau membuat mbak ea_12h34 menunggu tulisan saya yang baru… :mrgreen:

    *ditimpuk massa*

  2. Tidak tahu juga sih, saya malahan aneh, seringnya pas lagi terdesak sama hal-hal lain, ide tulisan bisa datang beruntun…

    Tapi sama, menulis dengan tenang di masa lapang tetap pilihan yang menyenangkan buat saya, ๐Ÿ™‚

    Saya mau nulis dengan tenang sekarang tanpa dikejar-kejar deadline, heuuu, -__-`

  3. sama nih yudi…
    saya juga gt..
    kenapa kadang ada amsanya otak ini mandek, blank, dan ga tau mo nuangin apa.
    padahal di kepala rasanya udh penuh dgn hal2 yang pengen di share..
    sepertinya virus hiatus mulai menyerang,,,, *sigh*

  4. hehehehe gak bakal ditimpuk kok karena mmg pinginnya klo mampir dapet kabar terbaru lha klo mampir blognya kosong kan khawatir *mode malaikat on* wekekekek iyah norak ya saya baru main onet sekarang huehehheehe yah lumayan buat selingan abis main farenheit kikkkkiiii

  5. Tapi Ma suka banget tulisannya yud1 lho!!
    *dilarang ge er!!*
    suka dimananya?? tanya aja mbak Hiruta,, ๐Ÿ˜†

    heeh? keluar ide nulis,,?
    biasanya sih kalo lagi keluar rumah dan sibuk2 ga jelas,, ngapain aja,,
    makan di luar, kuliah, ke kampus iseng2, ngegosip ama temen, baca buku bagus, ngobrol berat sama Bharma, nonton, baca komik, de-el-el,,

    Malah pernah 6 tulisan sehari,, Ma bahkan ga tau itu dari mana aja datengnya,, ga yang berat apa gimanaa gitu,, tapi Ma suka,, ๐Ÿ™‚

  6. saya percaya, bahwa sebenarnya otak saya ini bisa diutilisasi untuk lebih banyak memikirkan berbagai macam hal yang penting-tidak-penting: teologi, nasionalisme, filosofi, idealisme, pendidikan, psikologi, sosial, anime-manga culture, movie review, musik, sastraโ€ฆ

    โ€ฆkalau saya sedang tidak ada kerjaan.

    …berarti gw ini nggak pernah punya kerjaan, dong? ๐Ÿ˜•

    *langsung nangis bombay* ๐Ÿ˜ฅ

  7. :: jejakpena

    heh, saya juga… nanti, mungkin. belum sekarang, sih.

    :: grace

    saya sih kayak begitu kalau lagi kebanyakan kerjaan aja, sih. kayaknya ini berhubungan dengan kapasitas maksimal penggunaan otak? :mrgreen:

    :: ea_12h34

    ah, terima kasih sudah dikuatirkan. jadi nggak enak nih… :mrgreen:

    :: Rizma

    *terbang*
    *terbaang*
    *terbaaaangg!*

    :mrgreen:

    :: sora-kun

    …gw nggak lagi ngomongin siapa-siapa, lho :mrgreen:

  8. @ yud1

    Lha, gw kan cuma mencoba memandang diri sendiri dari perspektif orang lain…

    …dan ternyata kesannya jadi kayak gitu. Bukan salah gw dong? ๐Ÿ˜†

Comments are closed.