mobile suit gundam 00 — preview

setelah beberapa lama, akhirnya datang juga installment terbaru dari franchise terbitan SUNRISE yang satu ini. setelah Gundam SEED yang fenomenal dan diikuti oleh SEED: Destiny, kali ini SUNRISE memutuskan untuk membuat sebuah serial Gundam yang baru: latar waktu yang berbeda, setting dunia yang berbeda, dan mecha yang berbeda, tentu saja.

…tidak semuanya baru, sih. bagus? nanti dulu. tidak banyak yang bisa dinilai dari serial yang masih running dan saat ini masih menginjak episode ke-7 dari rencana 50 episode… yah, tapi ada beberapa catatan, sih.

gd00-0003.jpg

2307 AD. dunia mengalami krisis energi, seiring dengan persediaan energi fosil yang semakin menipis. sumber energi kemudian dialihkan ke energi matahari melalui stasiun energi berupa Orbital Elevator yang berbentuk pilar yang menjulang sampai setinggi 50.000 km dari permukaan bumi.

pembangunan Orbital Elevator untuk memenuhi kebutuhan energi dunia mengakibatkan negara-negara kemudian terbagi ke dalam tiga kelompok besar: World Economic Union (Union) yang berbasis di Amerika Serikat, Human Reformation Association (HRA) yang disokong oleh Rusia, Cina, dan India, serta Advanced European Union (AEU) yang berbasis di Eropa. pada saat ini, terdapat tiga buah Orbital Elevator yang masing-masing dikuasai oleh Union, HRA, dan AEU.

selain terbentuk sebagai pakta untuk penanggulangan krisis energi, persaingan masing-masing blok negara ini juga meliputi perlombaan senjata dan pertentangan politik, serta perebutan pengaruh dan proxy war di berbagai belahan dunia. pada saat ini pula muncul gerakan militer yang menamakan diri Celestial Being, yang menyatakan diri memiliki tujuan untuk menghentikan segala tindak peperangan yang terjadi di seluruh dunia. dengan persenjataan yang jauh lebih maju dibandingkan blok-blok yang ada, Celestial Being melakukan intervensi terhadap perang yang terjadi di seluruh dunia dengan menghancurkan persenjataan dari pihak-pihak yang bertikai dalam perang.

termasuk dalam persenjataan yang dimiliki oleh Celestial Being adalah pasukan robot humanoid yang dikenal sebagai Gundam, dengan masing-masing pilot yang disebut sebagai Gundam Meisters: Exia Gundam oleh Setsuna F. Seiei, Dynames Gundam oleh Lockon Stratos, Kyrios Gundam oleh Allelujah Haptism, dan Virtue Gundam oleh Tieria Erde.

cerita berjalan di sekitar keempat Gundam Meisters tersebut… dalam gerakan yang dilakukan oleh Celestial Being, yang dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan perdamaian dunia.

gd00-01.jpg

sejujurnya, saya tidak benar-benar merasakan drive yang kuat untuk mulai menonton serial ini. melihat beberapa preview-nya, termasuk yang pernah ditulis oleh Futsu di sini, entah kenapa, saya masih saja bersikap agak skeptis: jujur saja, serial Gundam nyaris selalu membawakan tema yang sama: perang besar-besaran, idealisme dan pasivisme di tengah medan perang, dan proses perdamaian yang begitulah-pokoknya.

…gimana yah? secara sederhana sih, pemirsa yang ‘kritis’ mungkin akan menemukan bahwa franchise ini kadang-kadang menampilkan plot-twisting dan klimaks cerita yang agak ‘absurd’. tentu saja, pesan perdamaian dan pasivisme terasa kuat sekali di serial-serial Gundam… mungkin ini relatif sih, tapi anda yang mengikuti perjalanan cerita Gundam SEED, Gundam SEED: Destiny, atau Gundam Wing seharusnya memahami maksud saya. dan tampaknya, Gundam 00 juga tidak lepas dari hal seperti ini.

di episode-episode awal, pemirsa yang mengikuti serial Gundam Wing mungkin akan langsung menyadari kemiripan antara Gundam 00 dengan serial tersebut. konsep cerita di mana terdapat organisasi independen yang anti-perang merupakan konsep yang juga diterapkan dalam Gundam Wing, lengkap dengan pilot-pilot yang bekerja sama dengan idealisme untuk mengakhiri perang dengan masing-masing karakternya. sebagai tambahannya, anda yang cukup jeli mungkin juga akan memperhatikan adanya sedikit kemiripan desain dan karakterisasi antara Setsuna F. Seiei dengan Heero Yuy dari Gundam Wing.

bukan hal yang salah juga, sih. Gundam SEED yang berangkat dari konsep yang mirip dengan serial Gundam yang pertama toh akhirnya sukses dan menjadi fenomena, dan tampaknya Gundam 00 melakukan hal yang sama terhadap Gundam Wing.

hal lain yang perlu diperhatikan adalah sense penamaan karakter yang bisa dikatakan… well, agak kurang pas. oke, penggunaan nama seperti Exia atau Dynames atau Kyrios untuk penamaan Gundam mungkin tidak ada masalah. tapi nama organisasi militer ‘Celestial Being’? duh. kesannya malah lebih pantas untuk nama sekte keagamaan daripada organisasi militer.

untuk nama pilot, hal yang sama juga terjadi: Setsuna F. Seiei mungkin agak ‘aneh’, tapi toh masih bisa diterima. tapi Allelujah Haptism? ya ampun. lagipula, kenapa juga para pilot Gundam itu diberi identitas sebagai ‘Gundam Meisters’? duh… mungkin, kita bisa menyebut Setsuna F. Seiei sebagai ‘Mr. Gundam Exia’ atau Lockon Stratos sebagai ‘Mr. Gundam Dynames’ kalau begitu. *doh*

gd00-05.jpg

nah. bicara soal Gundam, berarti bicara soal serial dengan latar belakang suasana peperangan. dan sayangnya, intrik-intrik dalam perang hampir selalu ditampilkan secara kurang maksimal dalam serial ini… dan hal ini terjadi pada banyak serial Gundam. bahkan SEED dan SEED: Destiny juga tidak lepas dari hal ini… dan sayangnya lagi, serial ini tampaknya tidak terkecuali.

di episode-episode awal, intrik-intrik politik terasa agak… apa ya? garing, mungkin. dalam beberapa hal, malah terasa agak naif. secara sederhana sih, tiba-tiba seolah mudah sekali negara-negara memutuskan untuk perang-dan-damai… dan lebih ‘absurd’-nya lagi, perhitungan-perhitungan politik jadi terasa agak hambar di serial ini. angst yang diharapkan timbul dari suasana perang malah kurang terasa… tapi entahlah, mungkin ini pendapat pribadi saja, sih.

sayangnya, serial Gundam tampaknya sudah ‘terbiasa’ dengan pakem tersebut, dan sepertinya belum akan ada perubahan yang revolusioner dari serial ini. yah, tapi itu kesan dari beberapa episode pertama, sih.

nah, sekarang, mari kita masuk ke bagian teknisnya. dari segi visual, serial ini luar biasa. sebagai serial Gundam yang pertama kali dirilis dalam format high definition, serial ini enak dilihat. penggunaan 3D CG dilakukan dengan sangat baik dibandingkan serial lain di kelasnya. adegan battle mengalir mulus, dan penggambaran karakter dilakukan dengan baik. penggambaran mecha di-cover dengan rapi, dengan desain yang juga bisa dibilang cukup enak dipandang… tapi sayangnya, penggunaan efek sparkle pada penggambaran mecha malah terkesan ‘merusak pemandangan’. yah, beberapa pemirsa mungkin akan memandangnya sebagai ‘enak dilihat’… soal selera, mungkin.

di bagian musik, serial ini tampil sangat baik, walaupun tidak luar biasa. OP-nya diisi oleh L’Arc~en~Ciel untuk lagu Daybreak’s Bell yang cukup enak didengar… dan entah kenapa, terkesan sangat mainstream. di bagian ED, ada Wana dari The Back Horn, dengan nuansa rock dan sedikit alternatif. tapi, yah, untuk OP dan ED ini sepertinya jatuhnya ke mainstream juga, sih. cukup menjual, seharusnya… tapi bukan tipe-tipe favorit saya juga, sih. secara pribadi, saya menemukan Wana lebih enjoyable daripada Daybreak’s Bell untuk serial ini… tapi lagi-lagi, soal ini subjektif.

gd00-04.jpg

nah. jadi, kesimpulannya. serial ini tampil sangat baik dari segi visual, didukung dengan OST yang lebih dari lumayan… tapi sayangnya, sampai di situ saja. tema cerita terasa agak terlalu ‘biasa’, dan di beberapa bagian terasa agak kurang realistis. konsep pasivisme yang menjadi benang merah cerita dari franchise ini masih dipertahankan, dan masih dengan eksekusi yang tidak terlalu istimewa. well… agak sayang juga, sebenarnya.

saya sendiri masih belum memutuskan apakah saya akan melanjutkan serial ini atau tidak. anda penggemar Gundam yang selalu mengikuti perkembangan terbaru dari franchise ini seharusnya tidak akan menyesal, sih. tapi kalau anda mengharapkan sesuatu yang ‘lebih’ dan ‘tidak sekadar numpang lewat’ dari sebuah serial dengan genre mecha, mungkin anda tidak akan menemukannya dari serial ini.

…mungkin, lho. serial ini masih panjang, soalnya.

77 Comments