bootfighter windom XP SP-2

oke, sebelumnya. ini bukan merek dari sebuah OS baru, pembaca. di sini, Bootfighter Windom XP SP-2 adalah judul dari sebuah game.

…apa, game? benar sekali, pembaca. sebuah game dengan genre 3rd person shooter dalam format mecha battle. robot besar, arena 3D, dan senjata berat. dan tidak ketinggalan, desain mecha yang sangat dekat ke bentuk dan gaya dari desain serial Gundam.

[bwxp-04.png]

game ini dikerjakan oleh Y. Kamada (aka: YSK), sebagai sebuah game berbahasa Jepang dengan lisensi freeware. meskipun demikian, saat ini versi bahasa Inggris untuk game ini juga telah beredar dengan proses translasi yang dilakukan oleh mirror moon. kedua versi tersebut dapat di-download secara gratis, untuk sistem operasi Microsoft Windows 2000/XP/Vista.

sebagai sebuah game yang didasari oleh konsep mecha battle, game ini sedikit mengingatkan kepada game komersial dengan genre sejenis. sebagai contoh, anda mungkin akan merasa sedikit familiar kalau pernah memainkan Armored Core atau Virtual On. yah, kira-kira seperti itulah konsepnya; pemain bisa memilih sebuah mecha dengan spesifikasi tertentu untuk kemudian digunakan dalam suatu pertempuran, dengan kombinasi persenjataan yang unik antara masing-masing mecha.

tadi saya mengatakan soal desain yang mirip Gundam… benar sekali, pembaca. bisa dibilang, desain mecha yang ada di game ini merupakan homage dari mecha yang muncul di serial tersebut. tidak semuanya sih, tapi hal ini bisa dibilang cukup noticeable. anda juga mungkin menyadari bahwa mecha pada screenshot di atas cukup mirip dengan Strike Freedom dari Gundam SEED Destiny, dan anda yang sudah mencoba untuk memainkan game ini lebih lanjut mungkin akan menemukan beberapa desain mecha lain dengan gaya yang serupa.

meskipun demikian, penggunaan nama dari desain mecha tampaknya mencoba menghindari ‘kontroversi’ akan hak cipta dengan penamaan mecha yang… well, kreatif. ada yang menyadari bahwa judul game ini berbau merek OS? hal yang sama berlaku untuk desain mecha yang disediakan dalam game… beberapa contoh di antaranya adalah Whistler Windom XP, BlackSelena Linux, dan Longhorn Windom Vista. cukup kreatif, dan secara pribadi saya cukup bisa menikmati game ini dengan konsep penamaan yang unik tersebut.

[bwxp-00]

game ini dikerjakan dengan menggunakan Visual C++ dan API dari DirectX 9.0 sebagai sebuah fan-made game. meskipun demikian, secara visual game ini sama sekali tidak bisa dibilang buruk. 3D model dari masing-masing mecha didesain dan dieksekusi dengan rapi, walaupun tidak sampai luar biasa istimewa. efek-efek dalam pertempuran digambarkan dengan sangat manis dan penuh warna; ledakan-ledakan serta beam saber dan efek-efek lainnya dieksekusi dengan sangat manis. meskipun demikian, sebagai sebuah game 3D, game ini tidak terlalu menonjol dari segi visual…

…kalau dinilai dengan perbandingan terhadap game komersial. tapi dikembangkan sebagai fan-made game, dengan lisensi sebagai sebuah freeware? tidak perlu banyak kata; visually beyond average.

bagusnya, visual yang lumayan enak dilihat tersebut juga didukung oleh musik yang juga enak didengar. walaupun track yang ditawarkan sebagai BGM relatif terbatas, toh game ini masih tampil lumayan dari segi audio. BGM yang ditawarkan tampil dengan gaya musik cadas, dan tampil manis sebagai latar belakang untuk pertempuran yang ditampilkan dalam game.

sayangnya, dari segi sound effect game ini terasa tidak terlalu menonjol. agak sayang juga sebenarnya, namun bagusnya hal ini tidak sampai jatuh ke arah fatal. di sisi lain, game ini menyajikan voice acting yang juga tidak terlalu istimewa untuk karakter pilot. bagusnya, hal ini bisa dikustomisasi untuk masing-masing karakter pilot; masing-masing dengan catchphrase dan signature voice. apa boleh buat, namun tampaknya di bagian ini hanya BGM yang bisa dibilang menonjol. bukannya jelek sih, hanya saja aspek lain dari audio game ini masih belum sampai pada taraf ‘sangat istimewa’.

[bwxp-01]

sekarang, bagian paling penting dari game ini: tak lain tak bukan dan tentu saja, yaitu soal gameplay. dan sejujurnya, bisa dibilang game ini surprisingly addicting. serius. saya tahu bahwa tidak banyak yang bisa diharapkan dari sebuah fan-made game dengan lisensi freeware, tapi game ini benar-benar beyond expectations.

dalam game ini, navigasi dari mecha ditetapkan dalam 4 tombol d-pad dan 8 buah tombol action. 8 buah tombol ini dibagi ke dalam 5 tombol untuk persenjataan (ya, ada 5 senjata termasuk melee beam saber di game ini) dan 3 tombol masing-masing untuk jump/dash, shield, dan target change. terdapat juga empat gauge dengan fungsi masing-masing pada HUD pemain.

sebagai contoh, dalam game ini terdapat generator gauge dan weapon energy gauge yang membatasi pemain dalam melakukan dash atau menembak dengan senjata berat. hal ini menampilkan gameplay yang cukup nyaman, dengan pembatasan yang masuk akal pula. masing-masing senjata berat (misalnya beam rifle atau rail cannon) memiliki waktu tenggang antara pemakaian dengan weapon cooldown gauge, jadi pemain tidak bisa asal main hajar dengan senjata berat. sebagai tambahan, senjata masing-masing mecha juga bisa di-charge dengan menggunakan EX gauge untuk kekuatan yang lebih besar.

tentu saja yang tidak bisa ditinggalkan adalah fitur lock-on yang harus diperhatikan oleh pemain. dalam game ini, masing-masing mecha memiliki lock-on distance yang bervariasi, antara 700m sampai 1400m; jarak ini diperlihatkan pada crosshair yang difokuskan ke satu mecha yang menjadi lawan. mekanisme peringatan akan lock-on dari lawan juga disediakan dalam game ini, dan serangan dalam mode ini menjadi lebih susah dihindari — walaupun hal ini bukannya tidak mungkin dilakukan, sih.

[bwxp-02]

sebagai fitur tambahan, game ini mengizinkan pemain untuk mengeksplorasi 3D model dalam mode Shot Camera (dengan pergerakan kamera yang lumayan nyaman), lengkap dengan kemampuan penyimpanan screenshot. pemain bahkan bisa memodifikasi karakter pilot berikut catchphrase dan voice signature masing-masing, lengkap dengan avatar yang juga ditampilkan dalam pertempuran dalam game ini.

bisa dibilang, game ini jauh di atas lumayan untuk sebuah game yang dirilis dengan lisensi freeware. gameplay yang cukup solid menjadi kelebihan utama dari game ini, dengan tampilan visual yang juga sama sekali tidak bisa dibilang buruk. di sisi lain, beberapa fitur tambahan juga muncul sebagai aspek yang turut menjadi nilai lebih dari game ini.

…kesimpulannya? tidak perlu banyak kata; it’s just surprisingly addicting — way beyond expectations.

___

WindomXP SP-2 official homepage:
http://homepage3.nifty.com/alexholth/

WindomXP SP-2 on mirror moon:
http://mirrormoon.org/node/248

19 Comments