bootfighter windom XP SP-2

oke, sebelumnya. ini bukan merek dari sebuah OS baru, pembaca. di sini, Bootfighter Windom XP SP-2 adalah judul dari sebuah game.

…apa, game? benar sekali, pembaca. sebuah game dengan genre 3rd person shooter dalam format mecha battle. robot besar, arena 3D, dan senjata berat. dan tidak ketinggalan, desain mecha yang sangat dekat ke bentuk dan gaya dari desain serial Gundam.

[bwxp-04.png]

game ini dikerjakan oleh Y. Kamada (aka: YSK), sebagai sebuah game berbahasa Jepang dengan lisensi freeware. meskipun demikian, saat ini versi bahasa Inggris untuk game ini juga telah beredar dengan proses translasi yang dilakukan oleh mirror moon. kedua versi tersebut dapat di-download secara gratis, untuk sistem operasi Microsoft Windows 2000/XP/Vista.

sebagai sebuah game yang didasari oleh konsep mecha battle, game ini sedikit mengingatkan kepada game komersial dengan genre sejenis. sebagai contoh, anda mungkin akan merasa sedikit familiar kalau pernah memainkan Armored Core atau Virtual On. yah, kira-kira seperti itulah konsepnya; pemain bisa memilih sebuah mecha dengan spesifikasi tertentu untuk kemudian digunakan dalam suatu pertempuran, dengan kombinasi persenjataan yang unik antara masing-masing mecha.

tadi saya mengatakan soal desain yang mirip Gundam… benar sekali, pembaca. bisa dibilang, desain mecha yang ada di game ini merupakan homage dari mecha yang muncul di serial tersebut. tidak semuanya sih, tapi hal ini bisa dibilang cukup noticeable. anda juga mungkin menyadari bahwa mecha pada screenshot di atas cukup mirip dengan Strike Freedom dari Gundam SEED Destiny, dan anda yang sudah mencoba untuk memainkan game ini lebih lanjut mungkin akan menemukan beberapa desain mecha lain dengan gaya yang serupa.

meskipun demikian, penggunaan nama dari desain mecha tampaknya mencoba menghindari ‘kontroversi’ akan hak cipta dengan penamaan mecha yang… well, kreatif. ada yang menyadari bahwa judul game ini berbau merek OS? hal yang sama berlaku untuk desain mecha yang disediakan dalam game… beberapa contoh di antaranya adalah Whistler Windom XP, BlackSelena Linux, dan Longhorn Windom Vista. cukup kreatif, dan secara pribadi saya cukup bisa menikmati game ini dengan konsep penamaan yang unik tersebut.

[bwxp-00]

game ini dikerjakan dengan menggunakan Visual C++ dan API dari DirectX 9.0 sebagai sebuah fan-made game. meskipun demikian, secara visual game ini sama sekali tidak bisa dibilang buruk. 3D model dari masing-masing mecha didesain dan dieksekusi dengan rapi, walaupun tidak sampai luar biasa istimewa. efek-efek dalam pertempuran digambarkan dengan sangat manis dan penuh warna; ledakan-ledakan serta beam saber dan efek-efek lainnya dieksekusi dengan sangat manis. meskipun demikian, sebagai sebuah game 3D, game ini tidak terlalu menonjol dari segi visual…

…kalau dinilai dengan perbandingan terhadap game komersial. tapi dikembangkan sebagai fan-made game, dengan lisensi sebagai sebuah freeware? tidak perlu banyak kata; visually beyond average.

bagusnya, visual yang lumayan enak dilihat tersebut juga didukung oleh musik yang juga enak didengar. walaupun track yang ditawarkan sebagai BGM relatif terbatas, toh game ini masih tampil lumayan dari segi audio. BGM yang ditawarkan tampil dengan gaya musik cadas, dan tampil manis sebagai latar belakang untuk pertempuran yang ditampilkan dalam game.

sayangnya, dari segi sound effect game ini terasa tidak terlalu menonjol. agak sayang juga sebenarnya, namun bagusnya hal ini tidak sampai jatuh ke arah fatal. di sisi lain, game ini menyajikan voice acting yang juga tidak terlalu istimewa untuk karakter pilot. bagusnya, hal ini bisa dikustomisasi untuk masing-masing karakter pilot; masing-masing dengan catchphrase dan signature voice. apa boleh buat, namun tampaknya di bagian ini hanya BGM yang bisa dibilang menonjol. bukannya jelek sih, hanya saja aspek lain dari audio game ini masih belum sampai pada taraf ‘sangat istimewa’.

[bwxp-01]

sekarang, bagian paling penting dari game ini: tak lain tak bukan dan tentu saja, yaitu soal gameplay. dan sejujurnya, bisa dibilang game ini surprisingly addicting. serius. saya tahu bahwa tidak banyak yang bisa diharapkan dari sebuah fan-made game dengan lisensi freeware, tapi game ini benar-benar beyond expectations.

dalam game ini, navigasi dari mecha ditetapkan dalam 4 tombol d-pad dan 8 buah tombol action. 8 buah tombol ini dibagi ke dalam 5 tombol untuk persenjataan (ya, ada 5 senjata termasuk melee beam saber di game ini) dan 3 tombol masing-masing untuk jump/dash, shield, dan target change. terdapat juga empat gauge dengan fungsi masing-masing pada HUD pemain.

sebagai contoh, dalam game ini terdapat generator gauge dan weapon energy gauge yang membatasi pemain dalam melakukan dash atau menembak dengan senjata berat. hal ini menampilkan gameplay yang cukup nyaman, dengan pembatasan yang masuk akal pula. masing-masing senjata berat (misalnya beam rifle atau rail cannon) memiliki waktu tenggang antara pemakaian dengan weapon cooldown gauge, jadi pemain tidak bisa asal main hajar dengan senjata berat. sebagai tambahan, senjata masing-masing mecha juga bisa di-charge dengan menggunakan EX gauge untuk kekuatan yang lebih besar.

tentu saja yang tidak bisa ditinggalkan adalah fitur lock-on yang harus diperhatikan oleh pemain. dalam game ini, masing-masing mecha memiliki lock-on distance yang bervariasi, antara 700m sampai 1400m; jarak ini diperlihatkan pada crosshair yang difokuskan ke satu mecha yang menjadi lawan. mekanisme peringatan akan lock-on dari lawan juga disediakan dalam game ini, dan serangan dalam mode ini menjadi lebih susah dihindari — walaupun hal ini bukannya tidak mungkin dilakukan, sih.

[bwxp-02]

sebagai fitur tambahan, game ini mengizinkan pemain untuk mengeksplorasi 3D model dalam mode Shot Camera (dengan pergerakan kamera yang lumayan nyaman), lengkap dengan kemampuan penyimpanan screenshot. pemain bahkan bisa memodifikasi karakter pilot berikut catchphrase dan voice signature masing-masing, lengkap dengan avatar yang juga ditampilkan dalam pertempuran dalam game ini.

bisa dibilang, game ini jauh di atas lumayan untuk sebuah game yang dirilis dengan lisensi freeware. gameplay yang cukup solid menjadi kelebihan utama dari game ini, dengan tampilan visual yang juga sama sekali tidak bisa dibilang buruk. di sisi lain, beberapa fitur tambahan juga muncul sebagai aspek yang turut menjadi nilai lebih dari game ini.

…kesimpulannya? tidak perlu banyak kata; it’s just surprisingly addicting — way beyond expectations.

___

WindomXP SP-2 official homepage:
http://homepage3.nifty.com/alexholth/

WindomXP SP-2 on mirror moon:
http://mirrormoon.org/node/248

19 Comments

  1. April 6, 2008 at 12:49 am - link to this comment

    Pertamaaax ….

    Gw udah coba install di Vista, pake DX 10
    Hu hu gak jalan 🙁

    yud1:

    serius? gw coba pake XP nggak ada masalah, sih. pakai compatibility mode bisa nggak?

    ~aneh
    ~perasaan ada support buat Vista deh

  2. April 6, 2008 at 6:58 am - link to this comment

    Bukannya ada di readmenya, disuruh pake compatibility mode? Coba lagi deh, sayang kalau ngga. Game ini keren banget soalnya, haha

    yud1:

    memang ada di readme-nya, sih. tapi di komputer saya sih bisa jalan lancar tanpa compatibility mode… mungkin cuma untuk kondisi tertentu? 🙄

    btw, game-nya memang keren kok. mengingat ini one-man development (kalau lihat readme dari developernya sih), hasil yang ‘keren banget’ ini mungkin lebih tepat disebut ‘kerjaan dewa’. satu orang, non-profit, bikin game kayak begini? sembah sujud deh, dewa programming…

    …kira-kira beliau terima murid nggak ya? :mrgreen:

  3. April 6, 2008 at 10:51 am - link to this comment

    Pas gw jalanin, dia minta DX 9.
    Lah laptop gw DX 10.

    Yaa gak jalan deh … 🙄

  4. April 8, 2008 at 8:10 am - link to this comment

    saya juga mengalam problem yang sama, tapi teman saya memberi tahu cara adalah, sebelum meng-install copy-lah isi folder ‘directx’ yg ada dlm folder ‘Bootfighter Windom XP SP-2’ ke system32, trus replace all. Lalu baru anda install gamu tersebut… saya sudah coba dan berhasil !!! selamat bermain …

    yud1:

    bisa juga begitu ya… intinya sih mengganti beberapa file library-nya DirectX, yah. caranya agak lebih kasar, sih. :mrgreen:

    tapi baguslah, kalau bisa jalan dengan cara kayak begitu. thanks for sharing. 😉

  5. belmontz
    November 6, 2008 at 5:44 am - link to this comment

    kalo d3dx9_32.dll was not found

    cara resolve nya sama kyk postingan di atas kgk?

  6. November 6, 2008 at 9:40 am - link to this comment

    ^

    sama. bisa pakai file DLL buat library DirectX-nya (atau download juga bisa, tapi hati-hati), terus kopi ke %WindowsRoot%\system32.

    caranya memang agak kasar sih, tapi kalau sukses harusnya nggak ada masalah.

  7. November 6, 2008 at 10:50 am - link to this comment

    @ belmontz

    Kalau kejadiannya di Windows XP, cukup update DirectX 9 aja, kok. Error-nya persis banget sama yang saya alamin. ^^

    (kalau di Vista saya kurang tahu)

  8. belmontz
    November 6, 2008 at 7:55 pm - link to this comment

    thx, problem resolved

    update directx terbaru yg ada d3dx nyah

  9. peeskins
    November 8, 2008 at 10:11 am - link to this comment

    wah key confignya ribet….

  10. Eternal
    November 16, 2008 at 9:51 am - link to this comment

    Whew…

    Baru kemaren malam gw download game ini…

    Grafik emang bagus…

    Tapi sayang, saat di pakai dalam mode battle team, gambar langsung HANG.

    Kalo di buat poin antara 1-10, game ini menduduki posisi 7.
    Karena free…
    Bgm lumayan, tapi ga begitu menonjol.

    Apa ada update buat game ini ya?

    Kok pilotnya gambar kucing?
    Apa bisa update, atau bikin ndiri lah…

    Mecha juga, apa ada yang baru…
    Biar kliatan rame gitu…

    Plz di jawab…

    “NB”
    Ternyata game ini ga cuma butuh d3dx9_32.dll, tapi untuk versi Home Edition juga membutuhkan file msvcp71.dll

    Sekian…

  11. Miracle_p
    January 21, 2009 at 9:46 am - link to this comment

    Udah coba Windom XP versi terbaru?

    ULTIMATE KNIGHT Boot Fighter Windom XP

    http://www.doujinshop.com/doujin/windomtop.htm

    udah ngga freeware lagi sih, dan tentu aja game ini jauh lebih bagus! bisa 2p splitscreen, network, arcade mode, new chara, new stages, dsb…. (dan semua robot ngga langsung kebuka, harus namatin arcade mode dulu dengan kesulitan minimal Normal)

  12. Ryuzaki
    February 10, 2009 at 8:19 pm - link to this comment

    Bootfighter bisa dimainkan online ngga sih? Kalo bisa plis kasih tau servernya atau caranya ya, trims

  13. icewizard
    February 19, 2009 at 12:48 pm - link to this comment

    bisa sih online tapi harus buka dulu setup game servernya kalau mau host setelah itu nanti masukkan ip komputer kalau mau join masukin ip servernya
    tambahan bukan cuma nama robotnya yang aneh tapi nama AI pilot untuk online pun aneh contohnya : Athlon Salad Dan Kira Tomato.

  14. yuda
    May 13, 2009 at 2:55 pm - link to this comment

    kk waktu saya mau maen malah keluar tulisan begini

    d3dx9_32.dll was not found

    sy harus gmn?coz wktu sy donlod g dapet apa2 lg slain instalernya.

    plisss blzzzz.sy dah ngebet mw maen.

    blz lewat email jg g pa2.plisssssss

  15. yuda
    May 13, 2009 at 3:44 pm - link to this comment

    wah saya dah ngerti skrng dah di donlod d3dx9_32.dll nya.dah bisa jalan tpi waktu dah milih stage ko tiba2 kluar don’t sent n tlangsung kluar y?sy pke window xp padahal msvcp71.dll dah saya donlod jg.knp y?

    plisss blsss.tpi blznya ke email sy aja cos sy kebetulan aja buka website ini takutnya saya lupa g bisa bika website ini lagi plisssssssssssss bgtttttttttttttt.

    ni alamat emailnya yudaflaga@yahoo.co.id

    klu yg ntu g bisa coba yg yudhiyudha45@yahoo.com

    plissss di jawab…………..

  16. mogul
    August 10, 2009 at 8:20 pm - link to this comment

    cara nginstalnya gmana sich?,,w download formatnya rar,dah di extract sich,trus gmana lgi,,?

  17. ygpastiorang
    October 10, 2009 at 1:48 pm - link to this comment

    kok klo maen di komputer saya jalannya macet-macet, padahal gamenya udah di setting jadi paling seminimal mungkin…tuh kenapa ya? apa karena komp saya masih pentium 3 ya?

  18. kira
    July 26, 2010 at 1:06 pm - link to this comment

    apa nama gundamnya bisa di edit ya ???
    dan untuk Blitz mode dan Team mode kadang ngelag padahal spek komputerq gede kira2 ada yg tw gk n cara nyeselesin masalah nie ??

  19. August 27, 2011 at 12:48 am - link to this comment

    bagi bagi IP address dong biar main bareng