.update!

sebagai bagian dari persiapan menjelang periode liburan kali ini, akhirnya saya memutuskan untuk utak-atik engine dan desain dari blog ini setelah bertahun-tahun lamanya. apa, bertahun-tahun? iya, terakhir kali saya melakukan upgrade desain terhadap blog ini memang pada Juli 2006. itu empat tahun lalu, jadi yah… memang sudah agak terlalu lama.

anyway. setelah utak-atik dan upgrade, secara umum ada beberapa hal sebagai berikut.

0. profile baruuu! *plak*

self explanatory. saya sempat ‘digugat’ oleh seorang pembaca yang menanyakan kenapa profile di tempat ini masih menampilkan ‘a student of computer science in university’.

counter: kan ada tulisan ‘as this line is written’! tapi keberatan tidak diterima. anyway, versi yang sudah di-update dapat ditemukan di sidebar.

1. .line: a line-based, monochrome theme

akhirnya, desain baru. Sandbox-based, tanpa gambar, tanpa banyak warna. ide dasarnya sih pembuatan desain seminimal mungkin: simple, plain, austere.

satu typeface, tiga warna, dan cukup banyak garis. secara umum sih saya cukup suka hasilnya, sederhana dan minimalis.

2. Gravatar support

ke mane aje lu yud, ini udah 2010 iya, akhirnya ada support untuk Gravatar di blog ini. anda pembaca yang memiliki account Gravatar, saat ini komentar anda akan memiliki avatar yang terhubung ke masing-masing e-mail yang didaftarkan ke servis tersebut.

3. WordPress widget-enabled

nggak terlalu penting dari sisi pembaca sih, tapi berhubung theme yang dulu belum mendukung widget, akhirnya nggak bisa dipakai, deh. sekarang sudah jadi bagian dari sidebar.

4. Recent Comments and RSS for Comments

seorang pembaca lain sempat mempertanyakan tentang bagaimana caranya keeping track terhadap komentar di blog ini. dan, ya, sedikit fakta yang agak memalukan, ternyata dari dulu memang belum ada cara yang enak untuk itu.

anyway, untuk saat ini Recent Comments dan RSS for Comments dapat ditemukan di sidebar, demikian juga RSS feed untuk masing-masing post. yay for being so late in 2010

jadi, demikianlah kira-kira update kali ini, ditulis pada suatu hari Minggu sore di akhir bulan Agustus. dipikir-pikir lagi, mungkin memang agak terlambat, tapi bagaimanapun memang sudah waktunya juga upgrade ini dilakukan, jadi yah, there you have it.

komentar dan tanggapan akan diterima dengan tangan terbuka. thanks! 😉

6 Comments