satu huruf beragam makna

beberapa waktu lalu, seorang rekan gw mengatakan bahwa cara ngomong gw ‘berubah’. yah, dia ini memang bisa dikatakan sudah cukup lama mengenal gw, jadi… mungkin tidak salah juga (karena dia yang ngomong begitu!).

(…ada yang merasa? santai aja =) )

well, entah ‘terseret’ oleh kebiasaan gw nonton anime dan j-drama (dorama? bahasa mana itu? =) ) atau kebanyakan belajar lafal bahasa Prancis (moi = ‘moa’, francais = ‘fron-se’, dan sebagainya)… tapi gw rasa, mungkin lebih banyak karena faktor pertama, sih.

tapi kalau dipikir-pikir, mungkin ada benarnya juga. katanya sih, omongan gw lebih banyak menggunakan ‘satu huruf untuk banyak makna’. yah, sebenarnya sih terutama huruf ‘e’. dan sambil iseng, beberapa waktu terakhir ini gw mencoba meng-‘analisis’ (lagaknya =P) cara ngomong gw.

misalnya begini.

“yud1, cara ngomong kamu berubah, yah?”

“…e?” (singkat dengan intonasi naik di ujung ‘e’)

tuh kan. ‘e’ yang ini artinya kira-kira mirip ‘hah?’. tapi gw sendiri sudah lupa kenapa gw tidak lagi ngomong ‘hah’ bukannya ‘e’.

contoh lain lagi.

“lebih bagus mana, tas yang kiri atau yang kanan?”

“ee.. yang kanan, sih.” (agak panjang dengan intonasi menurun)

kalau ini ‘e’ yang buat mikir sebelum ngomong. intonasinya beda dengan yang pertama.

ada lagi.

“yaah, katanya sih kejadiannya.. (begini-dan-begitu)”

“eeeeee…” (intonasi rendah, naik, lalu menurun)

hmm. mungkin maknanya lebih kayak ‘oooh, gw ngerti…’. yah, kira-kira begitulah.

dan masih ada lagi.

“lagunya bagus banget! gw paling suka waktu… (begini-dan-begitu)”

“e. memang, sih.” (pendek, intonasi rendah dengan tekanan di ujung ‘e’)

‘e’ yang ini menyatakan persetujuan. lebih kedengaran seperti ‘eh’, sih. nggak tahu sejak kapan gw jadi ngomong kayak begini.

tuh kan. satu huruf ‘e’ saja ternyata bisa beragam makna… dari konfirmasi, pertanyaan, sampai persetujuan. dan kayaknya, ini memang sedikit-banyak dampak karena gw kebanyakan nonton film (sambil belajar bahasa) jepang!

tentu saja, mungkin nanti, omongan gw bisa saja agak terbawa-bawa prancis (mungkin, lho), atau mungkin ada saatnya gw akan menyelipkan beberapa potongan bahasa Inggris ketika gw ngomong (eh.. kayaknya sih ini pernah terjadi, dulu… =P). yah, hal-hal seperti itulah.

aneh, yah. soal omong-omongan ini, maksudnya. gw sendiri nggak sadar, sampai ada yang ngomong begitu ke gw. tapi iya juga, sih. mana ada orang yang sadar kalau dirinya berubah? mungkin ada sih, tapi yang jelas gw tidak merasa demikian =P.

…yah, mungkin nanti omongan gw akan ‘berubah’ lagi… tapi gw rasa, sekarang ini masih begitu-begitu saja =)

Leave a Reply