kerja praktek

ini adalah topik yang sedang hangat dibicarakan di kampus. lebih populer dari hasil UTS Analisis dan Perancangan Sistem yang baru lewat, lebih diminati daripada paper Desain dan Analisis Algoritma yang masih agak lama deadline-nya.

…ini adalah sebuah topik hangat yang bernama ‘kerja praktek’ alias ‘KP’.

“udah dapet KP belum?”

“mau KP di mana?”

“gw lagi nyari KP, nih…”

oke, jadi Kerja Praktek adalah sebuah mata kuliah wajib yang harus diambil oleh seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UI… kalau mau lulus. hal yang disebut oleh seorang rekan yang bernama Albert sebagai ‘stupid mandatory course’ dalam salah satu post-nya ini, entah kenapa, sempat berhasil menjadi salah satu bahasan yang hangat di kampus dan dibicarakan oleh orang-orang dengan bersemangat… termasuk saya juga, sih. tapi ada masalah kecil.

saya belum dapat KP.

wah. ini masalah besar. sementara beberapa orang yang sepertinya terburu-buru ingin meninggalkan kampus akan segera lulus sudah berancang-ancang untuk segera melakukan kerja praktek. sementara itu, perbincangan soal KP tampaknya terus menghangat.

…dan saya belum dapat KP.

sedikit mengingatkan akan sebuah commercial break di televisi, tiba-tiba keadaan yang sama seolah terjadi kepada saya. dan jujur saja, agak bingung juga menghadapi hal seperti ini.

“yud1, mau KP di mana?”

“mau KP kapan?”

“KAPAN? kapan? KAPAN?”

“Mei?”

begitulah, saya memang berencana untuk KP selepas bulan Mei, walaupun masih belum tahu tempatnya di mana.

di kampus? tidak menolak kalau ada. di luar kampus? boleh, kalau ada tempat yang direkomendasikan. di luar negeri? tidak masalah, kalau ada yang mau membayari ongkosnya =)

oke. jadi, akhirnya.

…ada yang bisa bantu mencarikan lokasi KP? =)

5 thoughts on “kerja praktek”

  1. hal yang disebut oleh seorang rekan yang bernama Albert sebagai ’stupid mandatory course’ dalam salah satu post-nya ini, entah kenapa, sempat berhasil menjadi salah satu bahasan yang hangat di kampus dan dibicarakan oleh orang-orang dengan bersemangat…

    Tapi ada hal yang unik juga lho dari ‘stupid mandatory course’ ini.

    Misalnya, tahun 1970an kampus nggak sebanyak sekarang. Berarti, yang KP dikit. Nah, sekarang banyak mahasiswa yang butuh KP…

    …jadi, pertambahan slot yang disediakan oleh perusahaan harusnya bertambah dengan cukup banyak selama tiga dekade terakhir. 🙄

    Tapi, setau gw, pertumbuhan jumlah kampus lebih tinggi daripada pertumbuhan jumlah perusahaan! Apalagi di bidang2 yang ‘laku’ seperti CS, informatika, elektro, dsb. Jadi, harusnya banyak mahasiswa terancam, gara2 nggak dapet KP yang cuma dua kali setahun ini.

    … anehnya, gw belum pernah denger tuh ada mahasiswa DO gara2 ga dapet KP. Kenapa ya? 😛

    *maafkan celotehan nggak penting ini* 🙂

  2. “yud1, kapan KP?”

    “…Mei?”

    *ssst, yud1 mau KP bulan Mei. Bulan mei loh…*

    *wasweswos…*

    “Mei bi yes… mei bi no?” 😛

    *bletakkk*

    (pesan moral: jangan kebanyakan nonton TV) -_-‘

Leave a Reply