kamen rider kabuto

Shibuya, 7 tahun lalu. sebuah meteor jatuh, dan mengakibatkan kerusakan dan korban jiwa yang luar biasa. sejak saat itu pula serangan makhluk-makhluk yang disebut sebagai Worm terhadap manusia semakin ganas, dengan kemampuan untuk me-mimic manusia yang menjadi korbannya. sebuah organisasi rahasia yang dinamakan ZECT dibentuk untuk menanggulangi akibat dari serangan Worm terhadap manusia.

Tokyo, 7 tahun setelah insiden Shibuya. Tendou Souji adalah seorang pemuda yang hidup bersama adiknya, Juka, di pusat kota Tokyo. tampaknya memiliki hubungan erat dengan insiden Shibuya 7 tahun lalu, Tendou dan adiknya hidup normal di kota tersebut… dengan keyakinan dalam dirinya bahwa ia adalah orang yang ‘terpilih’.

di saat yang sama, Kagami Arata adalah seorang anggota baru ZECT, yang merangkap sebagai pekerja sambilan di sebuah restoran yang sama dengan Kusakabe Hiyori, seorang gadis introvert dan tidak banyak bicara yang kehilangan orangtuanya dalam insiden Shibuya.

di tengah semakin gencarnya serangan para Worm, cerita berjalan di seputar kehidupan ketiga orang ini. Kagami yang bekerja untuk ZECT, sementara di sisi lain tampaknya Tendou dan Hiyori memiliki hubungan yang misterius sehubungan dengan insiden Shibuya 7 tahun lalu…

dibuat sebagai peringatan 35 tahun pembuatan Kamen Rider, TOEI tampaknya tidak ingin tanggung-tanggung dalam membuat kelanjutan franchise yang melegenda ini. dan hasilnya adalah serial yang sejauh ini masih running di negara asalnya. bagus? nanti dulu.

masih mengusung konsep dasar Kamen Rider yang sudah dirilis dalam berbagai versi selama 35 tahun, TOEI tidak menghadirkan perubahan yang radikal dalam serial ini. masih ada konsep henshin yang biasa, dengan sedikit penyesuaian. desain Rider masih mempertahankan bentuk serangga, hanya saja kali ini diberi tambahan kemampuan Clock-Up untuk memperlambat waktu dalam pertarungan dan dua bentuk dasar: Masked Form dan Rider Form.

hal yang agak menarik perhatian adalah pengolahan adegan battle-nya. dalam serial ini, penggunaan slow-motion lebih banyak dieksplorasi untuk menghasilkan efek-efek battle yang cukup enak dilihat. koreografi battle-nya sendiri tidak terlalu istimewa, kecuali mungkin beberapa teknik yang cukup unik… tapi tidak terlalu banyak. meskipun demikian, adegan battle-nya secara keseluruhan digarap dengan cukup baik.

hal yang juga menarik di sini adalah penyajian storyline-nya bisa dibilang ‘tidak biasa’ dibandingkan serial dengan genre sejenis. konspirasi dan rahasia menjadi salah satu menu yang disajikan dalam serial ini, terutama setelah episode 25+… dipadukan dengan pendekatan bergaya humor. demikian juga banyak pertanyaan seperti asal mula keberadaan Worm atau Masked Rider Project tampaknya sengaja belum dibiarkan terjawab sampai episode-episode lanjut sebagai bagian dari plot-twisting yang dilakukan oleh serial ini.

tapi itu belum semuanya. kalau anda berpikir bahwa serial ini menggunakan pendekatan yang berat-dan-serius dalam storytelling-nya, anda salah besar. bisa dikatakan, porsi humor dan ‘omong-omongan nggak serius’ mendapatkan porsi yang cukup besar dalam serial ini. meskipun demikian, serial ini cukup mampu menyajikan tema yang cukup berat tanpa meninggalkan sisi humornya.

kalau ada yang istimewa dari serial ini, hal tersebut adalah desain karakternya. setiap karakter dibuat dengan khas dengan desain yang istimewa pula. karakter Tendou Souji, misalnya, dibuat dengan gaya yang semau-gue dan ego yang sangat tinggi. atau karakter Kagami Arata yang berkembang dari seorang yang sedikit lugu-dan-naif menjadi lebih decisive dalam perkembangan cerita. demikian juga karakter seperti Daisuke Kazama dan Kamishiro Tsurugi juga didesain dengan… yah, silakan nonton sendiri, deh. nanti juga mengerti kok apa maksudnya =)

desain karakter yang ‘istimewa’ tersebut didukung pula oleh cast yang bisa dibilang cukup baik dalam membawakan perannya. dan bisa dibilang, karakter yang ada memang cukup pas… misalnya kalau anda mengatakan bahwa Tendou itu ‘pas sengak-nya’, atau mungkin anda akan sedikit-sebal melihat Shun Kageyama, atau merasa speechless kalau melihat Daisuke Kazama… yah, itu wajar, kok. cast-nya memang cukup mendukung soal ini.

oh, iya. kalau anda memperhatikan perkembangan j-drama dan tokusatsu, anda mungkin familiar dengan Tendou Souji yang tampangnya pernah terlihat di Gokusen 2. demikian juga Kagami Arata pernah ‘nongol’ di 1 LITRE no Namida sebagai Keisuke Asou. Shun Kageyama juga pernah main di Ultraman Nexus… dan sebagainya.

nah. sekarang soal musik. opening theme-nya yang dibawakan oleh Yu-Ki dengan lagu NEXT LEVEL dengan sentuhan upbeat dan tempo yang tinggi dirasakan cukup pas sebagai intro sebuah serial Kamen Rider. sementara itu, insert song dalam battle diisi oleh The Rider Chips dengan lagu Full Force untuk episode-episode awal. belakangan, The Rider Chips juga mengisi dengan lagu Lord of The Speed dengan nuansa yang tidak jauh berbeda.

selain itu, kalau anda perhatikan lebih lanjut, beberapa karakter juga memiliki theme sendiri. sebagai contoh, theme yang selalu muncul setiap kali Tendou mengatakan ‘obaa-chan ga itteta…’ (= ‘grandma said…’), atau theme dari Hiyori yang sedikit sendu. meskipun demikian, sayangnya scores dalam serial ini tidak bisa dikatakan sangat istimewa. dalam banyak kesempatan, adegan-adegan yang potensial menjadi memorable malah terasa kurang greget dengan score yang ada.

kalau anda memperhatikan juga, anda akan menemukan bahwa scores dalam serial ini juga disisipi beberapa nomor musik klasik dalam beberapa episode. ada Air dari Bach, Lohengrin-nya Wagner, dan juga beberapa yang lain dalam beberapa episode yang berbeda. meskipun demikian, masalah scores ini tampaknya memang agak kurang maksimal dalam serial ini, walaupun tidak bisa dikatakan buruk juga.

sebenarnya, ada cukup banyak kelebihan dari serial ini. dan bisa dibilang, aspek-aspek tersebut berperan besar dalam serial yang mendapatkan sambutan sangat baik di negara asalnya ini. walaupun dengan sedikit kekurangan (yang tidak terlalu signifikan, sebenarnya), serial ini bisa dikatakan cukup enak dinikmati dan menghibur, walaupun tidak benar-benar luar biasa juga… kecuali mungkin bagi para penggemar Kamen Rider yang memang selalu menunggu perkembangan terbaru dari franchise yang satu ini.

…well, it’s a fun ride, after all.

44 thoughts on “kamen rider kabuto”

  1. Wow pertama kali gw tonton filmnya ceritanya benar-benar bagus dan mengobati kekecewaan gw pada kamen rider 2006 : Hibiki. Tapi sayangnya minim banget karakter ceweknya.

    Reply
  2. memang sih, TOEI tampaknya memang berusaha semaksimal mungkin untuk serial yang menjadi bagian dari peringatan 35 tahun Kamen Rider ini. secara pribadi, walaupun gw bukan penggemar berat Kamen Rider, gw cukup menyukai serial ini.

    kalau dibandingkan dengan Hibiki dan Blade, memang tampaknya ada perbaikan dari sisi tema dan ide cerita. meskipun demikian, tampaknya di episode-episode belakangan, serial ini jadi terkesan sebagai ‘arus budaya pop’ juga, sih.

    karakter cewek? ada Kusakabe Hiyori, lalu Tendou Juka, dan Misaki-san dari ZECT, kayaknya sudah cukup banyak, tuh =). belakangan malah ada lagi Takatori Renge dan Mamiya Rena.

    …nonton aja dulu =)

    Reply
  3. Kabuto jadi kamen rider kedua yang bikin gua tergila-gila setelah kamen rider Black. Tendou Souji yang sangat percaya diri jadi inspirasi gua. cuma sayangnya, sepertinya Tendou itu dibuat karakternya terlalu sempurna, bisa ngelakuin apapun.

    tapi, karena itu jadi menarik. apalagi cara henshinnya kaga muluk2

    Reply
  4. keren,semua chara terlihat perfect,semua sistemnya keren abis
    ada 1000 kata buat kabuto tv ser :keren 1000X
    ada 1000 kata buat kabuto movie god speed love :kecewa 1000X

    Reply
  5. kayaknya soji tendo orangnya terlalu perfect alias sempurna, buktinya pas episode ngelawan kamishiro tsurugi di bidang olah raga seri mulu………!!!!

    Reply
  6. sekarang saya sudah suka kamen rider kabuto tapi saya punya DX kabuto zecter dengan saya juga tidak tau apa arti nya kalau soji tendo memakai bahasa jepang

    Reply
  7. 4 thumbs up deh….
    seru ceritanya…lebih rame dari pada riders sebelumnya…
    favoritku setelah kamen rider RX beberapa tahun yang lalu….
    kayanya jadi ciri khas jagan2 jepang ya … sombong, tau segalanya, bisa segalanya,,,,(kecuali pas seri ama tsurugi..)
    eh kalo Den-O rame ga? belom sempet nonton…

    Reply
  8. menurut gue sih kabuto tuh seperti rider yang lainnya sih cuma yang bedain ya konsep dari kamen rider itu sendiri entah dari kostum ataupun jalan cerita, tapi tetap aja bagus buat ditonton soalnya serial rider patut ditunggu kemunculannya

    Reply
  9. :: didi

    lumayan seru, sih. walaupun gw bukan penggemar berat kamen rider, tapi menurut gw serial ini cukup enjoyable, tuh.

    …tapi mungkin gw belum akan nonton kamen rider lagi, sih. Den-O sendiri sudah agak lama dirilis, dan sampai sekarang gw belum (tertarik untuk) nonton, tuh. 🙄

    :: agul

    tergantung, sih yah. kalau bukan penggemar Kamen Rider mungkin tidak akan terlalu tertarik untuk mengikuti serial ini. tapi di luar itu, serial ini memang tidak bisa dibilang jelek, kok.

    …yah, kecuali mungkin kemasannya yang agak terlalu ‘pop’ sih.

    Reply
  10. Gw Nonton uda ampe tamat, Tapi Gw Bingung Nyambungin cerita Film God Speed Love ama Serialnya…. Kayaknya Rada Gak Nyambung

    Reply
  11. :: Adi_Soeryo

    lho, sebenarnya kan memang itu dua dunia yang berbeda. God Speed Love itu semacam dunia alternatif dari serial Kamen Rider Kabuto. ada sih hubungannya, yaitu di akhir cerita Tendou (di GSL) memberikan belt-nya kepada Tendou kecil (di serial Kabuto).

    …jadi sebenarnya, dunia alternatif-nya itu yang ada di versi serialnya (lho?).

    yah, sudahlah. nonton lagi saja kalau masih bingung 🙂

    Reply
  12. Serial kamen rider yang satu ini memang keren… Awalnya gw ga terlalu suka, dengan alasan ada banyak ridernya, gw takut nanti malah kaya Ryuuki yang ga jelas atau Hibiki yang cupu abis. Ditambah, gw udah keduluan nonton Kamen Rider Den-O (2007) yang juga dibalut dengan gaya humor yang keren. Tapi, setelah nonton, gw malah ketagihan, terutama setelah melihat karakter Tendou yang begitu arogan… Dan Hiyori yang misterius.

    Yang jelas, sisi yang paling keren di sini adalah ceritanya. Juga zecter2 beserta rider2nya.

    BTW, God Speed Love keren banget kok… Mengharukan… Dan juga diisi dengan soundtrack yang bagus, seperti One World…

    Kesimpulannya…,

    HYPER CLOCK UP!!

    Reply
  13. @didi

    Den-O seru kok…
    silakan liat di wiki untuk pembahasannya…
    Yang jelas, konsep di Den-O beda banget sama serial kamen rider sebelumnya…
    Di sini diperkenalkan istilah baru: IMAJIN… Imajin inilah yang kelak akan ‘merasuki’ pemeran utamanya, Ryoutaro Nogami, dan mengubahnya menjadi 5 form: Plat Form (bentuk awal, no imajin), Sword Form (imajin: Momotaros), Rod Form (imajin: Urataros), Ax Form (imajin: Kintaros), dan Gun Form (imajin: Ryuutaros), yang masing2 memiliki senjata khas. Pada episod 24, muncul form baru dari Den-O ini, yaitu Wing Form (imajin: Sieg). Dan sekitar episod 20-an (gw lupa), muncul rider baru, yaitu Zeronos, nama aslinya: Sakurai Yuto, dan memiliki 2 form: Altair Form dan Vega Form. Imajin si Yuto ini cuma satu, yang bernama Deneb. Form awal dari Zeronos adalah Altair Form (tanpa imajin), lalu setelah ‘dirasuki’ Deneb, Altair Form berubah menjadi Vega Form…

    Nama2 karakter dan form2 di sini banyak diambil dari legenda/dongeng dan juga bidang astronomi (seperti bintang Altair dan Vega).

    Begitu. Seru kok. Lucu pula. Nonton yah…..

    Hehehe….

    Reply
  14. gua ngeliat pertama mmg kaya film cupoe tapi abis nonton beberapa episode dan main PS 2nya Kabuto jadi penasaran mo nonton laagi

    Utk Kabuto berjuang terus yayayayayy!!!!!!!!!!!!

    Reply
  15. cerita kamen rider kabuto emang yahut banget tapi salah nya di movie tidak ada semua rider yg muncul kalau bisa kan muncul semua ye betul kagag? iyeeeeeeeeeee tambahin informasi ceritanye en gambar yeeeeee! thank lah.

    Reply
  16. Serial Kamen rider terbaik !!!

    Best storyline!!

    plot cerita yg komplex, twist yg bagus, design characternya niat. sayang terjebak batas episode, jadi episode akhir2 diborong dan dipancung

    Reply
  17. plot cerita yg komplex, twist yg bagus, design characternya niat. sayang terjebak batas episode, jadi episode akhir2 diborong dan dipancung

    iya… sayang sekali, ujungnya jadi garing begitu. banyak poin yang nggak sempat dijelasin pula. ada kesalahan rencana produksi, kayaknya.

    Reply
  18. Henshin………………!!!
    Cast off………………!!!
    Clock Up……………..!!!
    1…………………
    2…………………
    3…………………
    Rider Kick…………… (RIDER KICK)
    DUaaaaaaaaaaaaaaaaaa………………rrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr!!!!!!!!!!!!!!!!
    Clock ofer……………!!!!!!!!!1

    Reply
  19. Menurut aku sih kepercayaan diriTendou souji tu berasal dari neneknya soalnyakan setiap kali partarungan tendou ngucapin oba-chan…..? dan kemudian HENSHIN!!!

    Reply
  20. Klo mo donload lagu mp3 kabuto dimana ya situsnya?? Tq ya…
    Grandmother said this…
    If you receive a little kindness, give them a large serving.

    Reply
  21. Mantap dah.. gw bru liat smpe episode 13, kren bgt, karakternya unik2..
    Beda bgt sm Hibiki yg cupu bgt,. thx ud bkin bahasannya yahh..

    Reply
  22. MY FAV MAN…gue udah nonton semua sampe yang GSL.yang bikin jelek cuman adegan tsurugi kea dibikin biar di tonton anak2..gila kabuto selon abiiieeeezzzz..sayang bisa di tiru kemampuannya ama DECADE

    Reply
  23. Kalo God Speed Love bisa dibilang cerita sesungguhnya..

    itu cerita tentang 7 tahun lalu ketika bumi ditabrak meteor yang super gede, lebih gede daripada yang di serial, nah.. makanya buminya jadi gersang..

    terus diceritain zect ingin mengubah bumi kayak dolo lagi, ternyata nyata2nya zect mengkhianati bumi.. zect malah membuka protal meteor baru yang berisi telur2 worm yang lebih banyak..

    nah, di situ diceritain gimana kabuto bisa dapetin dapetin hyper zecter.dia ngerebut itu dari kamen rider caucasus..

    ceritanya keren.. mulai seru ketika si tendou make hyper clock upnya untuk memindahkan meteor yang baru itu ke masa 7 taon sebelom meteor menabrak bumi..

    dan apa yang terjadi… kedua meteor itu saling bertabrakan, lalu menjadi serpihan kecil saja..

    meteor yang serpihan kecil inilah yang akan menabrak area X..
    nah, makanya buminya tetap hijau..

    sebelom kembali, tendou dari masa depan kasih beltnya dia ke tendou yang di masa lalu..

    nah tendou di masa lalu inilah yang lalu menjadi kabuto yang ada di serial..

    simple sih ceritanya..
    ^^

    hehehe..
    tp menurut gua yang buat pinter, mendesain sedemikian rupa agar menjadi 1 kesatuan cerita..

    jadi kalo nonton serialnya doank, pasti bingung dari mana dia dapet belt na,..
    kalo nonton the movienya doank, pasti dibilang.. ancur bgt..

    hehehe..
    ^^

    Reply
  24. menurut gw she kamen rider kabuto seru bnget, tapi sekarang ada kamen rider decade deh, yg bisa berubah jadi kamen rider apa aja, bahkan jadi kabuto juga bisa, jadi d’no juga bisa, lengkap bnget.. yg paling seru flm kamen rider decade saat masuk ke dunia kabuto, terus di episode 27 masuk ke dunia kamen rider RX,jadi aku bisa liat lagi kotaro minami, meskipun udah tua juga, dia biasa maen lagi jadi rider Rx, bio,dan robo.

    Reply
  25. Ga ada kata lain buat gambarin kamen rider ini kecuali “PERFECT”

    Simplisitas dari kabuto bikin serial ini menjadi serial Kamen Rider Heisei terbaik.
    Bandingin ama kamen rider heisei sebelumnya Faiz, Hibiki en Agito…
    yah jelaslah ini yang terbaik antara sisi humor, sisi serius ama actionnya diramu dengan pas…

    bahkan 3 kamen rider setelah kabuto(den-o,kiva,decade) ga bisa nyamain kehebatan kabuto (tentang komposisi cerita, desain rider )
    walaupun harus gwe akuin den-o bagus kalo kita lihat dari sisi konyol…nya ;P (ore Sanjou XD)

    Ga ada kamen rider yang bisa ngasih gwe thrill tiap episodenya kayak kabuto…

    Selain itu kabuto juga buat kita inget bahwa kamen rider is all about the “rider kick” not some fancy weapon or card…

    Overall…Based On My Opinion Kabuto is the best rider in heisei era karena ngebahagiain gwe kayak waktu gwe masih kecil dan nonton kamen rider black 😉

    (PS: Setelah kabuto selesai, episode kamen rider yang bisa buat gwe senyum cuma Decade eps 26 – 27, soalnya ada om tetsuo kurata…. si om kotaro minami buat gwe senyum puas akhirnya dia teriak “henshin ” lagi…;P)

    Reply
  26. yang pasti sbenernya dah ditulis sama yg buat project masked rider system di film itu. buktinya si bapaknya kagami tau klo mereka bergerak dari kegelapan walaupun akhirnya kembali ke cahaya n si punch hoppernya diabisin sama kick hopper.

    Yang paling penting harus nonton the movienya lah. itu the movie ngebuat semuanya jadi jelas walaupun ada beberapa hal yg masih ga terlalu jelas sih.

    Secara keseluruhan ini series Kamen Rider yang inspiratif dengan bermacam-macam kata-kata “Grandmother Said This:”

    Reply
  27. Menurut gw, in serial kr yg bkn gw tergila2 stlh paman black. Karakterny kuat..
    Jd pnasaran gmn klo tendou ktmu am tsukasa?? Ap yg bkl mrk lakuin y..

    Reply
  28. gimana ya kalo accel vs clock-up vs trial siapa yang menang yah tapi menurut gua sih faiz accelaration yang menang

    Reply
  29. dlu kotaro minami si kamen rider blak [rx, bio,robo].
    skr tendou souji si kamen rider kabuto.
    cinta begete dah :-*

    Reply

Leave a Reply