gunanya blog

beberapa hari terakhir ini, gw menghabiskan waktu dengan ngobrol-ngobrol dengan beberapa blogger -atau orang-orang yang memiliki blog- dan blogwalker alias penjelajah blog orang. termasuk, gw juga meng-’analisis’ perilaku blog yang gw baca. dan ternyata, ada hal yang menarik, berasal dari pertanyaan sederhana: apa sih gunanya blog?

coba kita runut satu-satu. ini berdasarkan observasi gw.

satu. tempat curhat pribadi. wajar, namanya juga ‘diary online’. nggak ada yang melarang, blog sendiri kok. silakan tulis apa yang anda mau.

dua. tempat untuk bilang ‘gw kesal sama lo!’. hm. kalau anda lagi kesal sekesal-kesalnya kepada seseorang atau beberapa orang, silakan tulis apa yang anda suka di blog anda. ok, mungkin anda tidak perlu menyebut nama. tapi kemungkinan besar, pesan anda akan tersampaikan. itu kalau orang itu membaca blog anda. banyak sekali contoh yang gw lihat kayak begini.

tiga. mengekspresikan perasaan anda. ini… sudah begitu banyak gw lihat sampai gw *agak* bosan melihatnya. berdasarkan pengamatan gw, cewek cenderung lebih suka menulis hal seperti ini, meskipun tidak menutup kemungkinan untuk cowok. biasanya, hal ini menyangkut cinta. maaf. koreksi. kekaguman. caranya? banyak. tulis lirik lagu yang menurut anda ‘menggambarkan keadaan anda’. tulis puisi. tulis apapun yang bisa menyampaikan perasaan anda. tidak berbakat menulis? tulis saja ‘aku kangen sama kamu!’. perasaan anda akan tersampaikan.

empat. menuangkan pikiran dan opini anda. ini beda dengan yang di atas. anda bebas menuliskan apa yang anda pikirkan. opini. akan lebih baik bila ditambahkan fakta. mau bohong juga boleh, tapi ini tidak disarankan. dan tidak akan ada yang berhak tersinggung atas opini anda. kebebasan berpendapat. yah, hal ini juga sebenarnya salah satu dasar dari penggunaan blog untuk keperluan jurnalistik… yang jelas, anda bertanggungjawab atas opini anda sendiri.

lima. menganalisis cara berpikir dan perilaku orang. katanya sih, kalau anda ingin mencoba mengerti jalan pikiran seseorang, bacalah apa yang dia baca, dan bacalah apa yang dia tulis. sejujurnya, ini hal yang sangat sering gw lakukan… dan biasanya berakhir dengan kesimpulan bahwa ‘oh, orang ini ternyata kayak begini…’. dan kadang-kadang (sebenarnya sih sangat sering =p ) berakhir dengan berkurangnya kekaguman gw terhadap seseorang. yah. nobody’s perfect. i am neither, though.

…ada yang mau menambahkan? gw belum kepikiran lagi.

tapi ada hal yang agak kontradiksi. meskipun konsep awal blog sebagai ‘diary yang bebas dibaca siapa saja’, tapi ada orang-orang yang cenderung keberatan blog-nya dibaca orang-orang tertentu, atau dimasukkan ke repository (misalnya dengan rss feeder kayak planet csui04). ada agak banyak orang yang bersikap seperti ini. alasannya? kira-kira sih semacam ‘membatasi keleluasaan dalam menulis blog’. lho? kalau begitu sih nggak usah tulis di blog! tulis saja di diary biasa, atau kalau mau lebih canggih di file dokumen yang di-encrypt… yah, tapi ini pendapat pribadi, sih.

akhirnya? yah. many people go blog nowadays. oh. iya. itu bahasa inggris. jangan diartikan dalam indonesian-english. different thoughts lead to different results. really.

One thought on “gunanya blog”

  1. betul sekali

    orang yang menulis blog tapi tidak ingin di baca orang lain itu seperti orang yang ingin mandi tapi tidak ingin terkena air 🙂

Leave a Reply