lack of sleep

beberapa hari ini, ada beberapa hal yang harus gw kerjakan, dan sebagai akibatnya gw nggak bisa menulis di sini sering-sering selama dua minggu ini. bagusnya, sekarang sih sudah selesai… jadi gw rasa gw akan menulis dulu di sini sebelum melakukan hal yang sebenarnya sudah sangat gw butuhkan sejak beberapa hari lalu. hal ini biasanya disebut oleh orang sebagai ‘istirahat’. well, mungkin nanti-lah.

jadi selama minggu kemarin adalah pekan ujian akhir semester (UAS), dan minggu ini adalah demo proyek untuk mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (aka RPL). proyek ini dikerjakan secara kelompok selama satu semester, dan walaupun scope-nya tidak terlalu besar, tetap saja membutuhkan perhatian ekstra. proyek yang dikembangkan sebenarnya merupakan sistem informasi penyewaan gedung. tahu kan, misalnya kayak gedung kantor yang disewakan untuk perusahaan-perusahaan dan sebagainya. tim gw kebagian tugas mengembangkan modul inventory system atau sistem inventaris. proyek ini berupa pengembangan sistem aplikasi web-based yang menggunakan PHP… yah begitulah pokoknya.

yah, bisa dibilang minggu-minggu ini gw agak kurang istirahat, sih. kalau lagi di kos (dan nggak jalan-jalan atau main-main), biasanya gw kalau nggak belajar (?), coding iseng-iseng (misalnya programming challenge yang gampang-gampangan), paling-paling gw nonton film. biasanya sih fansub anime atau OVA. misalnya kemarin, di sela-sela UAS, gw (sempat-sempatnya!) nonton End of Evangelion. atau nonton School Rumble: Nigakki yang baru dirilis oleh WannabeFansubs.

[FYI, fansub adalah istilah untuk terjemahan dari film berbahasa asing (kebanyakan sih Jepang, tapi yang lain juga ada) yang belum di-lisensi selain di negara asalnya (misalnya anime, atau drama). proses penerjemahan dan pengeditan dilakukan oleh sebuah atau beberapa fansub group, tanpa dipungut biaya. hasilnya kemudian diedarkan di internet. hal ini tidak di-consider sebagai pembajakan, kecuali kalau media tersebut sudah di-lisensi. rilis tersebut biasanya di-drop begitu media yang di-fansub di-lisensi]

yah. itu biasanya. masalahnya, beberapa hari yang lalu ini berbeda. setelah UAS, maka gw (dan rekan-rekan satu tim) mempersiapkan proyek untuk demo RPL. sudah hampir jadi, cuma perlu modifikasi sedikit. nggak masalah. kustomisasi menu add item dan set user privilege jadi bagian gw. cukup sukses membuat gw kurang tidur. dalam salah satu kesempatan (H-2 deadline) gw baru tidur jam 6 pagi setelah semua urusan privilege dan add item sama-sekali clear. salah gw juga, sih. gw baru mulai ngerjain itu malamnya, padahal sudah disuruh-suruh oleh Lead Programmer-nya (saudara Ardi Darmawan, rekan gw di tim ini. padahal gw kan Project Manager-nya.. >_< ) sejak berhari-hari sebelumnya. whatever, pokoknya jadi, dan sepengetahuan gw sih sudah nggak ada bug-nya… ^^;v

jadi intinya gw kurang istirahat. beberapa hari ini cuma tidur paling banyak 4 jam. itu paling banyak, lho. dan biasanya kalau nggak coding, gw merapikan dokumentasi sistem… tapi yang terakhir ini nggak terlalu, soalnya sudah di-cover oleh rekan gw yang lain, yaitu Isnina Eva H (aka Eva) dan Rahmawati (aka Elly). di bagian coding ada Hendra Dwi Hadmanto (Hendra) dan Ardi yang membantu sehingga gw bisa agak malas-malasan coding… (sori! =) ). begitulah pokoknya.

akhirnya. hari ini demo proyek RPL selesai, dan dengan demikian berakhirlah semester 4 yang katanya ‘neraka’ di Fasilkom UI. gw cukup puas, dan (menurut gw sih) tidak ada masalah yang berarti amat sewaktu demo. semua fungsi yang ada berjalan dengan baik, dan dari hasil System Testing terakhir tidak ditemukan bug yang fatal amat. semoga saja memang ‘tidak ada bug’, bukannya ‘tidak ketemu bug’… yah, soalnya yang namanya ‘bug’ itu adalah sesuatu yang ‘dicari tapi diharapkan tidak akan ditemukan’.

…yah, gw rasa gw akan balik ke kos dulu hari ini. mungkin gw baru akan ke rumah besok. hal kayak begini agak susah juga, sebenarnya. kalau gw lagi merasa ‘sehat’ (padahal mungkin sebenarnya nggak sehat!), yang kayak begini sih jalan terus aja… terus tahu-tahu jatuh, deh. kecapekan, maksudnya. padahal pas lagi ngerjain sih nggak terasa.

…soalnya gw pernah pengalaman kayak begitu. -_-

___

special thanks to team #3A. let’s hope for the best results… =)

2 thoughts on “lack of sleep”

  1. mas yud1, apa kbr???

    saya tertarik dengan tugas yg mas buat.

    kebetulan saya juga skrng lagi membuat sistem yg sama(pengelolaan/penyewaan gedung berbasis web).

    Tolong kasi kita masukan donk, fungsionalitas apa saja yang diperlukan?
    dan kalo bisa modulnya juga……he..he..

    Thank’s ya.

    Met kuliah!!!

  2. halo mas, artikelnya menarik bgt deh

    btw saya tertarik bgt tuh ma tugas yang di buat itu tuh tentang penyewaan gedung.

    bisa bagi2 ilmunya g…..? soalnya saya juga dapet tugas yang sama
    gimana boleh ya, boleh. (intinya sih sama kaya si boy….^^V)

    thanks ya.

Leave a Reply