eksplorasi hari ini

…yud1 ngantuk. -hoahem-

jadi ceritanya gw baru saja menyelesaikan kewajiban gw sebagai moderator dalam acara eksplorasi kandidat ketua senat mahasiswa Fasilkom UI. dari tahun ke tahun, acara kayak begini memang biasanya makan waktu sampai malam, jadi… yah, butuh tenaga ekstra. dan sebagai orang yang in charge terhadap acara, gw nggak bisa dan nggak diperbolehkan meninggalkan ruangan sampai acara selesai. kapan acaranya selesai? kalau mau diteruskan sih bisa sampai malam… tapi sejak awal panitia sudah memutuskan untuk tidak akan membuat acara berjalan melewati pukul 2100. pertimbangannya sih (menurut gw selaku panitia acara) adalah untuk menghindari suatu keadaan di mana ‘acara makin nggak jelas dan orang-orang pada hilang’. yah, gitu deh.

di Fasilkom, seperti layaknya di berbagai tempat yang memiliki lembaga kemahasiswaan, ada suatu tahap dalam pemilihan raya (yang memilih calon ketua senat dan calon anggota badan perwakilan mahasiswa) yang bernama eksplorasi kandidat. di sini bisa dibilang ada ‘acara bantai-bantaian kandidat’. kasarnya sih begitu, walaupun sebenarnya nggak. ada dua orang kandidat kali ini: Yudi Ariawan (aka Yudi… nama yang mirip nama gw =! ) dan Fuady Rosma Hidayat (aka Fuady, atau Fu) yang mencalonkan diri menjadi ketua senat. gw jadi moderator merangkap mc. nggak masalah, sih. apalagi dikasih makan gratis, dan dikasih konsumsi pula (sejajar dengan panelis? gw tiba-tiba merasa jadi orang penting *doh* ). eh, ada kejadian yang agak menarik tadi.

ceritanya gw jadi moderator. biasa, acara beginian kan cenderung gaduh dan yah-begitulah.. tahu sendiri, orang-orang biasanya memiliki kadar ke-kritis-an yang lebih pada acara kayak begini. ceritanya waktu itu ada banyak orang mau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi umum, sementara dalam satu sesi cuma ada maksimal 3 orang. pilih mana? yang duluan? yang kelihatan? bingung deh.

“rekan panitia, bisa minta bantuannya untuk mengamati peserta yang angkat tangan?” gw coba minta bantuan ke rekan panitia.

“ini nggak efisien!” kata peserta.

“usul!” kata salah satu peserta. “bagaimana kalau diputuskan oleh moderator. anda kan punya kuasa di forum ini!” katanya sih begitu. intonasi agak tinggi.

“sebenarnya sih saya nggak merasa punya kekuasaan untuk mengatur anda semua…” gw bilang begitu. beberapa orang ketawa. gw nyengir. “..tapi itu nggak penting. baik, kalau begitu kita tetapkan bahwa mulai sekarang penanya akan ditentukan oleh moderator, dan tidak akan ada komplain lagi setelah ini. semua sepakat?” dengan intonasi agak tinggi juga. *serius mode:on* forum sepakat.

forum berjalan untuk beberapa saat.

“usul! untuk menghindari contek-contekan dalam menjawab pertanyaan, bagaimana bila jawaban kandidat dalam bentuk tertulis!” seorang peserta lain lagi. salah satu kandidat setuju dengan alasan yang senada.

wah. bakal repot, nih. gw udah males membayangkan gw harus membacakan jawaban orang.

“saudara moderator!” kata peserta yang tadi bertanya. “menurut saya, peserta berhak untuk meminta jawaban dengan cara apapun, baik lisan atau tulisan. kalau dilaksanakan seperti itu, hak saya dilanggar!”

gw hanya bereaksi dengan menempelkan dahi ke meja. nggak tahu, sih. tapi yang gw rasa adalah gw bersikap seolah gw sedang pusing gara-gara ngurusin beberapa anak kecil yang banyak maunya. beberapa orang ketawa lagi.

“jadi begini, saudara peserta. kalau dibilang saya berkuasa, saya katanya berkuasa. nah. sekarang kalau saya memutuskan hal seperti itu, nanti saya dibilang melanggar hak.” nyengir, diam sebentar. lalu switch ke *serious mode:on*. “baik. bisakah kita putuskan bahwa… (bla-bla-bla), dan tidak perlu ada polemik lagi, sepakat?” intonasi lebih tinggi dari sebelumnya. forum sepakat.

ada beberapa kejadian lagi, tapi selanjutnya berjalan normal.

nah. jadi. ternyata susah juga kalau jadi moderator. satu, kita nggak bisa ikutan mengkritisi kandidat. tapi gw memang nggak terlalu berminat, sih. dua, harus tahan menghadapi rasa *agak* bosan karena cuma duduk di depan dan ngomong sekali-sekali. tiga, harus bisa meng-handle keadaan tidak-terduga. apa lagi, yah? mungkin ada lagi, cuma gw nggak kepikiran.

..tapi lumayan juga, kok. setidaknya gw dapat konsumsi dan makan gratis. jarang-jarang, tuh. overall, acara berjalan lumayan lancar. terima kasih buat rekan-rekan panitia, saudara-saudara panelis, dan kedua calon kandidat. terima kasih juga terutama untuk seluruh peserta atas keikutsertaannya dalam eksplorasi kandidat ketua senat tahun ini.

…dan sekarang gw ngantuk. -hoahem-

One thought on “eksplorasi hari ini”

  1. ciee…bapak moderator… gpp yud segala sesuatu mau manis mau pahit tuh akan tetep ngasih pengalaman ke kita yang mungkin ga semua org bisa alamin [wise mode :one] ^_^

Leave a Reply