hbr 10: on leadership

saya pertama kali menemukan buku ini di selasar toko buku impor kira-kira setahun lalu. pada saat itu saya sudah mengenal Harvard Business Review (= ‘HBR’) sebagai referensi yang bisa diandalkan terutama dalam konteks terkait kepemimpinan dan manajemen sebagai profesional, jadi kira-kira saya sudah tahu seperti apa standar yang bisa diharapkan dari publikasi sekelas buku ini.

ngomong-ngomong, beberapa pembaca mungkin sempat memperhatikan bahwa buku ini termasuk dalam daftar yang sempat saya tuliskan beberapa waktu lalu. nah, tulisan ini adalah review buku tersebut secara lebih lengkap dan mendalam.

 

 

HBR 10: On Leadership (judul lengkap: HBR’s 10 Must Reads: On Leadership) adalah sebuah buku berisi kompilasi 10 tulisan terbaik dari Harvard Business Review dalam topik terkait kepemimpinan dan manajemen. tentu saja dengan demikian buku ini memang bukan untuk semua orang, meskipun tidak berarti bahwa buku ini jadi sepenuhnya tidak bisa dipahami umum.

secara teknis, buku ini dibuat dalam format kompilasi esai, masing-masingnya ditulis oleh individu atau tim yang bekerja pada lembaga riset atau pendidikan tinggi. sebagai penunjang untuk memudahkan navigasi, masing-masing esai disajikan dengan lampiran konsep ringkasan berupa abstraksi umum (= ‘Idea In Brief’) dan penunjuk teknis (= ‘Idea In Practice’). masing-masing penanda bisa digunakan untuk referensi-cepat, dan sesuai judulnya, buku ini terdiri atas 10 esai yang dapat dibaca secara independen sehingga tidak harus diselesaikan secara berurutan pada satu waktu.

ide-ide dalam buku ini mungkin bisa disebut sebagai… apa ya? mungkin bisa dianggap semacam menjungkirbalikkan paradigma terkait konsep kepemimpinan dan manajemen secara umum. sebagai contoh, salah satu esai tulisan Daniel Goleman meninjau kembali pertanyaan klasik: apakah pemimpin —leader— itu dilahirkan atau dibentuk? diskusi terhadap pertanyaan tersebut kemudian dipaparkan dengan analisis dan data penelitian yang ternyata tidak selalu sesederhana asumsi yang berlaku umum, menghasilkan sudut pandang dan insight yang bernas dan kadang tidak terduga. demikian juga esai-esai lain dari berbagai kontributor, masing-masing dengan kelasnya yang juga tak kurang memprovokasi sudut pandang.

kelebihan lain buku ini adalah pada pendekatannya yang berbasis riset lintas bidang, khususnya terkait manajemen bisnis dan psikologi. selain Goleman, anda yang mempelajari manajemen secara khusus tentu tak asing dengan nama-nama seperti Peter F. Drucker atau John P. Kotter, misalnya. secara umum para kontributor dalam buku ini memang memiliki kualifikasi yang pada dasarnya setara, masing-masing dengan analisis yang tajam dan mendalam sesuai topik yang menjadi ruang lingkup masing-masing.

kalaupun ada kekurangan —kalau bisa dianggap seperti itu— saya kira relatif pada kenyataan bahwa sejauh ini belum ada penerbit lokal yang menerjemahkan buku ini. di sisi lain saya kira hal ini juga berhubung buku seperti ini tipe yang tergolong niche, sehingga jalur distribusinya relatif terbatas kepada toko buku impor atau setidaknya memesan secara online. jadinya memang agak lebih repot, demikian juga harganya jadi tidak bisa benar-benar dianggap murah.

dengan segala catatan tersebut, saya sendiri menganggap hal tersebut masih sangat sebanding dengan isi dan kualitas yang ditawarkan, secara khusus apabila anda kebetulan berkarir sebagai profesional pada first-line, mid-level, maupun top-level management di dunia kerja.

pada akhirnya, buku ini mendeskripsikan dirinya dengan kalimat singkat di sampul depan sebagai berikut:

“if you read nothing else on leadership, read these definitive articles from Harvard Business Review.”

saya sependapat. buku ini memang harta karun untuk mereka yang membutuhkannya.

2 Comments